10 Gua Paling Besar Di Dunia Yang Pernah Di Temukan

Gua Paling Besar Di Dunia – Gua merupakan suatu objek berbentuk seperti lubang di tanah, batuan atau gunung yang terbentuk secara alamiah karena proses alam.

Di Indonesia ada beberapa gua yang mensajikan panorama yang indah yaitu gua Jomblang di Jogjakarta, Gua Leang Pute di Sulawesi Selatan, Gua Luweng Ombi di Jawa Timur, Gua BuniAyu di Jawa Barat, Gua Braholo di Jogjakarta dan lain sebagainya.

Namun, pernahkan anda mendengar gua-gua apa saja yang terbesar di Negara lain? Jika belum, berikut ini adalah daftar gua paling besar di dunia:

1. Gua Cehi

Gua Cehi merupakan gua yang terletak di Slovenia dengan ukuran sekitar 1518 meter dan merupakan gua terdalam yang ada di Negara tersebut

2. Gua Sima de la Cornisa

Gua Sima de la Cornisa  terletak di pegunungan Picos de Europa, Negara Spanyol. Kedalaman dari Gua Sima de la Cornisa ini adalah sekitar 1506 meter.

Baca Juga : 10 Gunung Paling Tinggi Di Dunia

3. Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina

Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina terletak di Caucacus Barat dengan kedalaman sekitar 1508 meter.

4. Gua Sarma

Gua Sarma merupakan gua urutan keempat dari 10 gua terbesar di dunia, terletak di Georgia. Kedalaman dari Gua Sarma ini adalah sekitar 1542 meter.

Namun menurut sebuah sumber, ukuran kedalaman gua sarma ini masih belum pasti karena  ukuran kedalamannya bisa terus bertambah karena eksplorasi.

5. Gua Torca del Cerro del Cuevon

Gua Torca merupakan gua yang terletak di Negara Spanyol dan gua paling dalam yang ada di Negara tersebut.

6. Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo

Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo merupakan gua yang terletak di Georgia, Caucacus Barat dengan kedalaman sekitar 1752 meter.

Illuzia berarti ilusi sedangkan Snezhnaja artinya adalah bersalju.

7. Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen

Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen terletak di Austria dengan kedalaman mencapai 1613 meter dan terus berpeluang untuk bertambah.

Karena keindahannya, banyak sekali para petualang yang tertarik untuk menusuri gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen ini.

Baca Juga : Cerita Di Balik Laba-Laba Paling Besar Di Dunia

Selain itu, penduduk sekitar Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen percaya bahwa terdapat harta karun milik seorang ksatria bernama Lamprecht di gua tersebut oleh karena itu banyak sekali orang yang penasaran atas keberadaan harta karun tersebut yang mencoba untuk menelusuri gua Vogelshacht and the lamprechtsofen.

Akibat banyaknya orang yang menelusuri gua tersebut akhirnya gua tersebut ditutup sementara karena kawatir gua tersebut menjadi rusak akibat pencarian harta karun yang dilakukan oleh orang-orang tersebut.

8. Gua Gouffre Mirolda

Gua Gouffre Mirolda terletak di Negara Perancis dengan kedalaman 1732 meter.

Ada beberapa orang yang pernah melakukan ekspedisi untuk mengetahui ukuran kedalaman dari Gua Gouffre ini pada tahun 2003 hingga dapat ditemukan bahwa ada jalan yang menghubungkan Gua Goiffree Mirolda ini dengan Lucien Coudlier.

9. Gua Reseau Jean Bernard

Gua Reseau Jean Bernard merupakan gua yang terletak di Perancis tepatnya di daerah pegunungan Alpen dengan kedalaman sekitar 1602 meter.

Gua ini sempat memegang rekor sebagai gua terdalam hingga tahun 1980.

Gua ini memiliki 8 jalan masuk yang hingga saat ini gua Reseau Jean Bernard masih ditelurusi oleh beberapa ahli.

10. Gua Krubera-Voronja

Gua Krubera-Voronja menduduki posisi pertama dari gua yang paling dalam di dunia yaitu kedalamannya mencapai 2190 meter.

Gua Krubera-Voronja ini terletak di Georgia. Nama gua ini berasal dari nama seorang ahli gua yaitu Alexander Kruber sedangkan Voronja berasal dari bahasa Rusia yang artinya adalah burung gagak karena burung gagak banyak ditemukan di dekat mulut gua Krubera-Voronja.

Hingga saat ini masih dilakukan eksplorasi terhadap gua Krubera-Voronja.

Tertarik untuk mengunjungi gua-gua tersebut? Pastikan anda di damping oleh orang yang ahli menjelajahi gua ya.

Baca Juga : Metode Diet ini Paling Berbahaya Didunia

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *