10 Orang yang Memiliki Umur paling panjang, Mau Tahu Rahasianya?

10 Orang Yang Memiliki Umur Paling Panjang Di Dunia – Memiliki umur yang panjang, tentu ini salah satu harapan ataupun impian yang selalu diminta manusia di dunia ini, tentunya selain harapan memiliki tubuh yang sehat juga mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. 

Apalagi, untuk jaman sekarang, seiring perkembangan zaman yang menuntut perubahan gaya hidup dan mental, untuk memiliki umur yang panjang sepertinya semakin susah, walaupun tidak bisa juga dikatakan mustahil.

Bahkan saking ngebetnya punya umur yang panjang, ada saja yang rela minum obat ataupun ramuan-ramuan yang konon punya khasiat untuk memanjangkan umur si peminum, kalau ini sih kamu boleh percaya atau tidak.

Dan ternyata ada beberapa manusia yang memiliki umur panjang di atas rata-rata yang lainnya, bahkan beberapa dari mereka masih ada yang masih hidup hingge sekarang, siapa saja mereka? Ayo, mari kita ulik, dan ini dia, 10 orang dengan usia terpanjang yang pernah ada.

10. Johanna Klink

orang tua1

Nenek yang satu ini merupakan warga negara Jerman dan meninggal saat berumur 112 tahun dan 33 atau 34 hari.. Nenek ini juga mendapatkan gelar menjadi manusia yang paling tua di negara tempat ia tinggal.

Klink menikah tiga kali, dan memiliki satu anak perempuan bernama Helga (lahir sekitar 1938), yang masih hidup pada saat kematian Klink ini. Pada tahun 1945 Klink dan keluarganya melarikan diri ke Oschatz, di mana dia tinggal di sebuah awal panti jompo di 2004.

Dia tetap dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Pada usia 102 dia mengalami patah tulang pinggul tetapi pulih dengan cepat dan segera dapat berjalan dengan bantuan.

Kendati tinggal di panti jompo, ia tetap dianugerahi tubuh juga mental yang bisa dibilang sangat sehat untuk wanita yang notabenenya berusia senja hingga akhir hayatnya.

9. Sakari Momoi

orang tua2

Orang selanjutnya yang memiliki umur terpanjang adalah Sakari Momoi. Lahir pada tanggal 5 Februari 1903, di daerah Fukushima yang beberapa tahun silam terkena kebocoran nuklir. Momoi meninggal di sebuah rumah sakit di Saitama, Saitama, Jepang gagal ginjal pada usia 112 tahun, 150 hari.

Baca Juga : WOOW.. Ternyata Ada Acara TV Paling Mengerikan dan Ekstrim Di Dunia

Ia mengungkapkan rahasianya mengapa bisa memiliki umur yang luar biasa panjang, bahwa selama hidupnya ia selalu makan yang sehat juga mengajaga agar tidurnya cukup.

Momoi menjabat sebagai presiden pertama Hanawa Fukushima Prefektur Sekolah Tinggi Teknik 1948-1951 dan sebagai kepala Saitama Prefektur Yono SMA dari tahun 1953 ke tahun 1959.

8. Ethel Lang

orang tua3

Selanjutnya adalah Ethel Lang, nenek berkewarganegaraan Inggris ini menempuh hidup selama 114 tahun 7 bulan. Ethel Lang dilahirkan di wilayah Worsbrough, Barnsley, ketika masa Ratu Victoria masih berkuasa, 27 Mei 1900.

Pada tahun 1922, Ethel menikah dengan suaminya, William, dan dikaruniai seorang putri bernama Margaret. Suami Ethel Lang sendiri meninggal pada tahun 1988.

Di tahun 2005, nenek ini pindah ke rumah jompo Water Royd di Barnsley, hingga kemudian ia mengenghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis, 15 Januari 2015.

Ia merupakan orang tertua di Inggris setelah Grace Jones, warga London yang meninggal pada tahun 2013 silam di usia 113 tahun.

7. Violet Brown

orang tua4

Orang tertua selanjutnya datang dari benua Afrika, tepatnya di negara Jamaika. Violet Brown, lahir di tanggal 10 Maret 1900 di Jamaika, ketika itu Jamaika masih menjadi negeri jajahan Inggris. Merupakan orang kedua tertua di dunia setelah Emma Morano yang tercatat masih hidup hingga sampai saat ini.

Brown adalah salah satu dari empat anak yang lahir dari John Mosse, boiler gula, dan Elizabeth Riley, yang terakhir dari mereka meninggal di usia 96. Anak pertama Brown, Harold Fairweather (lahir 20 April 1920), pada usia 96, diyakini menjadi orang tertua dengan orang tua yang hidup.

6. Emma Morano Martinuzzi

orang tua5

Emma Morano, atau yang memiliki nama lengkap Emma Martina Luigia Morano adalah orang tertua selanjutnya. Lahir di Civiasco, Vercelli, Kerajaan Itala, pada tanggal 29 November 1899 silam. Ia kini berusia 116 tahun, 235 hari.

Sekarang nenek yang satu ini menjadi orang tertua di Italia juga tertua di dunia yang masih hidup dan orang terakhir yang lahir di tahun 1800-an yang tercatat masih hidup.

Morano tercatat sebagai pekerja untuk Maioni Industri, pabrik goni di kotanya, hingga tahun tahun 1954. Lalu bekerja di dapur Collegio Santa Maria, sekolah asrama di Pallanza, hingga ia pensiun saat sudah berusia 75 tahun.

Morano sendiri masih sendirian tinggal di rumahnya pada ulang tauhnnya yang ke-115. Dia mengatakan bahwa ia tidak pernah mengkonsumsi obat-obatan, makan 3 butir telur setiap harinya, dan sesekali menikmati cokelat.

Di tahun 2011, ia menjadi bagian dari studi seluruh dunia yang dilakukan George Church dari Harvard Medical School, Boston, dengan tujuan mempelajari rahasia mengapa ia bisa memiliki umur sepanjang itu. Di tahun yang sama juga ia memperoleh gelar Cavaliere Ordine al merito della Repubblica italiana oleh Presiden Giorgio Napolitano.

5. Jeralean Talley

orang tua6

Selanjutnya adalah Jeralean Talley, berusia hingga 116 tahun hingga kemudian meninggal pada tahun 2015, tahun yang sama ketika ia mendadak menjadi orang yang terkenal sebagai orang paling tua di dunia.

Seperti yang diungkapkan putrinya, Thelma, bahwa ibunya sempat dirawat di rumah sakit karena terdapat cairan di paru-parunya. Ia meninggalkan seorang putri dan juga tiga generasi cucu.

Suaminya, Alfred Talley, jauh meninggal pada usia 95 tahun, pada 1988. Thelma mengungkapkan rahasianya panjang umurnya adalah dengan tidak pernah berhenti bergerak, bahkan hingga usia senjanya ia masih tetap saja sibuk merajut.

4. Susannah Mushat Jones

orang tua7

Orang tertua selanjutnya ada Susannah, seorang warga Amerika yang lahir di Lowndes County, Alabama pada tanggal 6 Juli 1899. Susannah saat ini berumur 116 tahun 3 bulan.

Baca Juga : Penemuan Paling Unik dan Aneh Pada Masa Lalu

Susannah yang lahir dari keluarga petani, memutuskan inggin menjadi guru selepas tamat sekolah pada tahun 1922. Ia pindah ke New York karena orangtuanya tidak sanggup untuk memberikan Susannah biaya untuk kuliah, hingga akhirnya ia menjadi pengasuh bayi di New York dengan bayaran $7 per pekannya.

Ia mengungkapkan rahasia mengapa ia bisa berumur sangat panjang, beberapa diantaranya adalah dengan tidak pernah meminum obat selain obat hipertensi, juga menghindari rokok, alkohol, bahkan pewarna rambut.

3. Gertrude Weaver

orang tua8

Lahir pada di Lafayette County, Arkansas pada 4 Juli 1898. Hingga saat ini ia sudah mencatatkan umur ke-116, tertua di dunia setelah kematian Misao Okawa yang berusia 117 tahun saat meninggal. Ia memiliki 4 orang anak, dan semuanya meninggalkannya jauh lebih dulu, anak yang terakhir menemaninya meninggal saat berumur 94 tahun.

Di saat berumur 104 tahun, Gertrude pindah ke panti jompo. Kendati tubuhnya semakin melemah karena usianya yang terus bertambah, ia tidak pernah absen dari kegiatan yang diadakan di panti tersebut.

Kini ia mengisi hari-harinya dengan kegiatan seperti membaca Alkitab serta menghadiri konser penyanyi dari sekolah ataupun kelompok-kelompok gereja.

2. Misao Okawa

orang tua9

Orang tertua selanjutnya berasal dari negeri sakura, Jepang. Okawa meninggal di rumahnya tinggal di Higashisumiyoshi, Osaka, Jepang, pada 1 April 2015 setelah menderita gagal jantung, di usia yang ke-117 tahun 1 bulan.

Okawa lahir pada tanggal 5 Maret 1898, putri keempat dari pedagang kain di distrik Tenma (sekarang Kita-ku) dari Osaka. Dari tahun 1997, ia tinggal di sebuah panti jompo di Higashisumiyoshi, Osaka. Dia menikah Yukio Okawa pada tahun 1919 dan memiliki tiga anak (dua anak perempuan dan satu anak), suaminya meninggal pada 20 Juni 1931 pada usia 36. Dia memiliki empat cucu dan enam cicit.

Luar biasanya, ia masih sanggup berolahraga hinga berusia 102 tahun, dan ia masih sanggup berjalan sendiri tanpa dibantu hingga usianya mencapai 110 tahun. Bahkan, walaupun ia menggunakan kursi roda hingga akhir hayatnya, ia mampu mendorong kursi rodanya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Luar biasa bukan?

Misao mengungkapkan rahasia panjang umurnya adalah dengan makan sushi dan tidur nyenyak setiap malamnya. Sesederhana itu.

1. Li Chung Yun

orang tua10

Dan di peringkat pertama adalah Li Chun Yun, seorang ahli bela diri dan penasehat taktis dari Tiongkok.  Pria yang berasal dari provinsi Sichuan di Tiongkok ini berusia 256 tahun dan meninggal pada tahun 1933. Bukti bahwa Li Chun Yun adalah adalah orang tertua tersebut diperkuat dengan ditemukannya catatan dari kerajaan Tiongkok yang berisikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-150 kepada Li Chung.

Dan perlu dicatat, ucapan selamat ulang tahun ke-150 itu diberikan di tahun 1827, berarti pada tahun 1933 di tahun kematiannya, Li Chung Yun berumur 256 tahun. Sejak umur 10 tahun, Li Chung Yun telah berkelana ke seluruh penjuru China dengan tujuan untuk mengumpulkan ramuan-ramuan untuk obat, kebiasaan ini bertahan hingga ia berumur 100 tahun.

Li Chung Yun menurut beberapa sumber dikatakan telah menguburkan 23 Istrinya, dan ia bersama istrinya yang ke-24 saat menghembuskan nafas terakhirnya. Dan dari 24 istrinya, Li Chung Yun memiliki anak cucu hingga 11 generasi, dan jika dijumlahkan ada sekitar 200 orang. Luar biasa. Dan luar biasanya lagi, dalam pandangan orang lain, ia masih kelihatan seperti orang yang berusia baru 60 tahunan.

Dan ucapan duka cita atas kematiannya  dipublikasikan oleh media-media ternama dunia, sebut saja seperti The New York Times dan Times Magazine.

Well, demikianlah 10 orang yang memiliki umur terpanjang di dunia. Apakah kamu juga berminat untuk memiliki umur yang panjang juga seperti mereka? Jika jabawannya iya, itu artinya mulai sekarang kamu harus konsisten untuk terus hidup sehat, mulai mengurangi makanan junk food juga makanan yang tidak menyehatkan.  Dan tentunya jangan pernah kamu lupakan, mulai dari sekarang buat kamu menikmati hidup hidupmu.

Toh, hidup yang lama juga terasa hampa kalau merasa tidak menikmati anugerah umur yang panjang, dan tentunya kamu juga harus siap berada pada momen semua teman-temanmu mendahului kamu, dalam artian meninggal lebih dulu dari pada kamu.

Apapun itu, tetap berbahagialah dengan hidupmu.

Baca Juga : 9 Orang Sukses Mesti Memiliki Keterbatasan Fisik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *