5 Masjid Di Indonesia Yang Di Yakini Memiliki Kisah Mistis

Masjid Yang Memiliki Kisah Mistis – Indonesia merupakan Negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, memiliki banyak masjid yang merupakan tempat bribadah dan berbagai kegiatan social lainnya.

Banyak masjid yang mempunyai sejarah panjang, baik dari proses pembangunan dan juga tahun pembangunannya.hal ini tidak selamanya benar karena biasanya hanya dikait-kaitkan saja.

Dari sekian masjid besar di Indonesia ada beberapa masjid yang dianggap mistis yaitu:

Masjid tiban

Masjid tiban dikenal juga dengan masjid jin, masjid yang terletak di daerah kabupaten malang, menurut cerita warga setempat, masjid ini bangun hanya satu malam, karena dengan tiba-tiba masjid ini berdiri megah, tetapi setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata masjid ini adalah hibah dari seseorang yang tidak mau disebutkan orangnya.

Masjid agung wolio

Masjid agung walio adalah masjid yang bernilai sejarah karena masjid ini adalah masjid peninggalan keraton buton (kota bau-bau) dan juga memiliki arsitektur yang tidak kalah menawan bila dibandingkan dengan masjid bergaya modern.

Baca Juga : 10 Ilmu Hitam Asli Indonesia Yang Masih Di Gunakan Sampai Hari Ini

Menurut penuturan warga setempat masjid ini memiliki pintu yang bisa menghubungkan ke mekkah dan juga ketika kita kangen kangen dengn orang-orang terdekat yang sudah meninggal.

Maka dengan hanya melihat kedalam pusena tersebut, dipercaya bisa melihat orang-orang yang kita sayangi.

Masjid al Muhajirin (Sulawesi selatan)

Masjid yang terlihat biasa-biasa saja dengan arsitektur local ternyata mempunyai beberapa keunikan, dengan rangka bangunan yang memiliki 50 X 40 Meter ini tidak sedikitpun menggunakan besi masjid ini hanya menggunakan batu bata, karang, batu, dan semen.

Dengan keunikan inilah masjid ini terhindar dari goncangan hebat pada tahun 1970 an, terpaan gempa yang cukup kuat tidak sedikitpun mengurangi kekokohan bangunannya.

Padahal menurut beberapa orang masjid ini  akan segera runtuh karena tidak memiliki rangka besi, masjid ini di bangun oleh kiaihaji Hasan alwi selama 8 tahun bersama warga.

Masjid Baitul arsy (Banten)

Masjid jami’ baitul arsyi ang terletak di kampung pasir angin, banten merupakan masjid kuno yang semua bangunannya terbuat dari kayu.

Konon meskipun telah berdiri selama berates ratus tahun. Namun masjid ini tidak lapuk dan tak sedikitpun dimakan rayap.

Masjid yang ada di kaki gunung karang ini konon juga tidak bisa direnovasi. melalui sholat istikhoroh, bangunan masjid baru bisa disambung dengan masjid baru tanpa merubah bangunan masjid yang lama.

Bangunan masjid tua ini kini berada tepat di belakang masjid baru.Dari beberapa sumber yang diperoleh, masjid yang dibangun menggunakan kayu hutan ini didirikan pada tahun 1600an oleh kesultanan banten.

Masjid jami’ baitul arsyi dahulu juga digunakan sebagai tempat persembunyian warga dari serangan belanda.Beberapa bagian dinding masih berlubang yang diperkirakan merupakan bekas peluru senjata belanda.

Masjid Nurul Yakin

Jika melihat dari luarnya, maka arsitektur bangunan dari Masjid Nurul Yaqin atau lebih dikenal dengan nama Masjid Seribu Pintu ini nampak biasa saja.

Akan tetapi, ketika harus melangkahkan kaki ke dalamnya, maka kesan sedikit menyeramkan akan menyelimuti Anda seketika.

Dikatakan sebagai masjid yang memiliki pintu berjumlah seribu, karena memang ada banyak pintu yang menjadi pembatas ruangan dan tidak memiliki penerangan yang layak.

Oleh karenanya, kesan gloomy, kelam, gelap dan menyeramkan menyeruak seketika ketika berjalan menelusuri setiap pintu yang ada di masjid ini.

Secara sekilas, arsitektur dari masjid yang termasuk dalam 1 masjid terunik di Indonesia ini terlihat bukan seperti bangunan religi, justru lebih seperti sebuah benteng yang beberapa bagian di dalamnya memiliki langit-langit rendah dan lantai dari tanah lembab.

Hawa mistis tidak hanya disebabkan karena gelapnya setiap lorong yang di samping-sampingnya berjajar banyak pintu itu saja, ada sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat makam dan satu tasbih berukuran raksasa.

Sayangnya, banyak orang yang justru tidak ingin memberitahukan informasi terkait masjid yang terletak di Kampung Bayur, Kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tanggerang tersebut ke orang luar daerah.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Mula Adanya Zionis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *