5 penemuan hebat yang tidak disengaja

Penemuan hebat yang tidak disengaja – Seperti yang kita ketahui, manusia diberikan akal budi dan pengetahuan serta wawasan yang berbeda dengan mahkluk lain seperti binatang dan tumbuh-tumbuhan, sehingga dengan akal budinya manusia bisa memutuskan sesuatu yang baik atau tidak.

Dengan kreativitas, manusia ditantang untuk memecahkan permasalahan hidup sehari-hari dengan baik, sehingga semakin hari seiring pekembangan jaman, manusia bisa hidup dengan sebaik-baiknya.

Setiap orang memang memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, sehingga kreativitas dan hasil karyanya pun berbeda-beda.

Jika seseorang melakukan pekerjaan yang sesuai dengan minatnya, sudah tentu berapa lamapun ia melakukan aktivitas tersebut, tidak akan terasa lama, dan semakin menemukan suatu wawasan dan pengetahuan yang baru.

Begitu juga dengan para peneliti dan ilmuwan, yang bisa mendedikasikan seluruh hidupnya hanya untuk sesuatu yang mereka rasa perlu untuk diteliti dan dikembangkan, sehingga dapat dicari solusi terbaik untuk memecahkan permasalah hidup.

Misalnya penemu telepon, Alexander Graham Bell, jelas mengerti bahwa manusia memerlukan komunikasi, termasuk ketika jarak menjadi hambatan.

Jaman dahulu orang harus pergi bermil-mil jauhnya hanya untuk menyampaikan pesan, entah orang yang bersangkutan mendatangi orang ynag dituju secara langsung atau menulis surat.

Namun berkat penemuan Bell, kita bisa menghubungi seseorang lewat jaringan telepon.

Dan tentu saja, penemuan telepon memerlukan usaha dan penelitian serta percobaan yang tidak sebentar.

Diperlukan waktu, uang, tenaga, dan usaha serta tekad yang gigih untuk bisa mengembangkan pesawat telepon.

Namun tahukah kamu, ternyata ada penemu-penemu yang menemukan barang atau konsep yang canggih melalui ketidaksengajaan? Berikut 5 penemuan hebat yang tidak disengaja.

  1. Microwave oleh Percy L. Spencer

Spencer adalah seorang ahli alat-alat elektronik.

Pada 1945, secara tidak sengaha Percy menemukan bahwa coklat yang ia taruh disaku celananya, yang terkena radiasi magnet menjadi panas dan meleleh.

Baca Juga : Ibu-ibu paling Mengerikan dan Sadis Di Dunia

Dari situlah muncul ide untuk menciptakan microwave, alat yang bisa memanaskan makanan.

  1. Play Doh oleh Kutol Products

Pernah bermain Play Doh? Lilin yang bisa dibentuk menjadi aneka bentuk,dengan berbagai warna ini tadinya merupakan sebuah konsentrat untuk membersihkan dinding.

Namun anak-anak malah menjadikannya ornamen natal.

Perusahaan kemudian terinspirasi, di tengah usahanya yang nyaris bangkrut, untuk membuat mainan Play Doh,  dengan menghilangkan cumpound dan menambah warna di konsentrat, dan jadilah Play Doh yang dikenal luas oleh masyarakat.

  1. Panci Teflon oleh Roy Plunkett

Suka memasak?

Pasti tahu alat masak yang satu ini, panci teflon. Yah, panci teflon pastinya jadi alternatif ibu-ibu yang ingin menggoreng.

Roy Plunkett adalah seorang ahli kimia yang ingin menemukan karbon jenis baru yang tahan terhadap pembekuan pada 1938.

Baca Juga : Daftar peraturan Unik dan Aneh Untuk pendatang atau turis

Alih-alih memunculkan gas, carbon misterius yang Roy temukan justru menghilang dan menimbulkan bercak putih.

Penasaran dengan hal tersebut Roy melakukan penelitian, dan ternyata carbon jenis tersebut bisa tahan terhadap api, hingga bisa menjadi teflon.

  1. Keripik kentang oleh George Crum

Pada 1853 seorang chef bernama George Crum, yang secara tidak sengaha menemukan keripik kentang.

Karena kesal terus dikomentari oleh pelanggan akibat french fries buatannya yang basah, George memotong tipis kentang-kentang, menggorengnya dengan ekstra kering dan menambahkan garam di dalamnya.

Dan pelanggan pun tertarik, hingga akhirnya terbentuklah keripiki kentang.

  1. Super Glue

Pernah membetulkan sepatu yang bolong dengan lem super glue?

Harry Coover, seorang peneliti dari Laboratorium Kodak, ketika ingin meneliti jenis plastik untuk senapan, ternyata menemukan bahwa cyanocrylate yang harry temukan terlalu erat menempel, dan setelah diteliti ulang, bahan tersebut bisa dibuat lem super glue.

Itu tadi 5 penemuan hebat yang tidak disengaja.

Baca Juga : 4 Bus Paling Mewah dan Indah Di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *