6 Tokoh Pejuang Kemanusian Paling Terkenal Di Dunia

Tokoh Pejuang Kemanusian Paling Terkenal Di Dunia – Apakah Kawan-kawan  pernah berpikir tentang ketidak adilan yang ada di dunia ini? Atau apakah kawan-kawan pernah berpikir tentang perlakuan seseorang yang terkadang tergantung dengan ras orang yang dihadapinya?

Jika pernah, apakah kawan-kawan tahu bahwa hal seperti itu masih banyak terjadi di dunia ini? Perlakuan tidak adil terhadap suatu ras atau golongan disebut dengan diskriminasi.

Perlakuan ini masih banyak terjadi di berbagai negara walau saat ini perlakuan tersebut mulai berkurang dan sudah banyak orang yang mulai mengganggap bahwa semua ras itu setara.

Tapi perlu kawan-kawan ketahui bahwa bukan hanya perlakuan diskriminasi yang bisa membuat seseorang sengsara, beberapa hal yang membuat banyak manusia menjadi tersiksa adalah perang, diskriminasi, kelaparan dan kemiskinan.

Semua hal tersebut banyak dialami oleh beberapa masyarakat diberbagai negara. Walau perlakuan yang sangat tak manusiawi adalah diskriminasi yang membuat beberapa golongan atau ras dianggap sangat rendah dari pada golongan atau ras yang lain.

Karena hal itulah ada beberapa orang yang ingin mengubah pemikiran tersebut kearah yang lebih baik. Berikut merupakan beberapa orang-orang yang terkenal dan berhasil dalam memperjuangkan kemanusian.

Mahatma Gandhi, Pejuang Revolusioner India (India)

pejuang india

Tokoh pertama yang akan saya kenalkan adalah mohandas karamchand gandhi atau yang lebih kawan-kawan kenal dengan mahatma gandhi.

Beliau adalah seorang tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa india, kalau di indonesia sosok mahatma gandhi sama dengan sosok Ir. Soekarno.

Mahatma gandhi adalah seorang tokoh yang sangat penting dalam perjuangan untuk memerdekakan bangsa india, dia adalah seorang aktivis yang paling anti dengan kekerasan dalam uasaha perjuangannya.

Beliau berjuang dengan cara demonstrasi yang penuh kedamaian dan penuh dengan strategi-strategi supaya inggris yang menduduki india segera pergi dan memberikan kemerdekaan secara penuh kepada negara india.

Mahatma gandhi disebut juga dengan father of nation atau bapak bangsa india, perjuangan beliau membuahkan hasil pada tahun 1947 dengan hasil kemerdekaan india.

Tapi hasil ini bukan sepenuhnya membahagiakan beliau, karena bangsa india terpecah menjadi 2 yaitu india dan pakistan.

Perpecahan terjadi karena perbedaan agama antara india dan pakistan. Prinsip yang dipegang oleh mahatma gandhi adalah satyagraha yang berarti “jalan yang benar” atau bisa diartikan  juga dengan “ jalan menuju kebenaran”.

Perlu kawan-kawan ketahui bahwa Prinsip dari mahatma gandhi inilah yang telah banyak membuat berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme yang ada di dunia ini terinspirasi, beberapa diantaranya adalah : nelson mandela, dan martin luther kingjr.

Namun sayangnya perjuangan beliau untuk membangun negaranya harus berakhir pada tanggal 30 januari 1948 dengan sebuah peluru yang bersarang ditubuhnya dari pistol baretta m 1934.

Nelson Mandela, Revolusioner Anti Apartheid (Afrika Selatan)

pejuang aprika

Kawan-kawan sekalian, apakah kalian tahu tentang negara afrika? Kalau kalian tahu berarti kalian juga tahu bahwa dahulu bangsa afrika tepatnya orang-orang kulit hitam dilakukan secara tidak manusiawi dan direndahkan oleh banyak orang.

Bahkan banyak dari orang kulit hitam dahulu dijadikan budak. walaupun sekarang keadaan itu mulai berangsur-angsur berubah dan orang-orang kulit hitam mulai dihargai dan dianggap setara oleh semua ras.

Tapi apakah kawan-kawan semua tahu siapa yang berjasa atas semua hal itu? Beliau adalah nelson rolihlahla mandela atau yang lebih kita kenal dengan nama nelson mandela.

Nelson mandela adalah seorang politik sekaligus seorang revolusioner anti apartheid, yang berusaha untuk menghapus diskriminasi terhadap orang-orang kulit hitam yang ada di afrika selatan. Perlu diketahui bahwa beliau juga adalah seorang presiden afrika selatan pertama yang berkulit hitam yang menjabat pada tahun 1994-1999.

Ketika menjadi presiden beliau fokus untuk menghapuskan pengaruh apartheid dengan memberantas dan manghapuskan rasisme, kemiskinan dan kesenjangan hidup, serta beliau tak lupa untuk mendorong rekonsiliasi rasial.

Seperti yang ada di dalam catatan sejarah, pada tahun-tahun sebelum beliau menjadi presiden di afrika selatan, semua perekenomian di afrika selatan sangat didominasi oleh orang-orang kulit putih saja.

Perjuangan beliau terhadap diskriminasi rasial untuk orang-orang kulit hitam sudah ia lakukan jauh sebelum dia terpilih sebagai presiden disana. Pada tahun 1962 Beliau pernah dipenjara karena perjuangan beliau dianggap berbahaya bagi negara.

Walaupun beliau dipenjarakan, perjuangannya tidak berhenti sampai disitu, beliau tetap terus berkomunikasi dengan dunia luar.

Setelah beberapa tahun dipenjara akhirnya beliau dibebaskan pada tahun 1990, setelah bebas beliau langsung memulai perjuangannya sampai beliau akhirnya mengikuti pemilu pertama sebagai calon presiden yang menjadi wakil dari rasnya, yang kemudian beliau pun terpilih menjadi presiden pertama yang berkulit hitam, kejadian ini terjadi pada tahun 1994.

Pada saat beliau terpilih menjadi presiden saat itu pula rezim rasisme yang selama ini menduduki pemerintahan afrika selatan hancur.

Martin Luther King Jr., Revolusioner Pejuang Perdamaian Dunia (Amerika)

pejuang as

Tokoh revolusioner kali ini adalah seorang pendeta yang bernama martin luther king, jr. Beliau merupakan seorang pendeta sekaligus aktivis yang memperjuangkan ham warga amerika-afrika.

Beliau merupakan salah satu tokoh yang sangat penting dalam sejarah amerika serikat dan beliau bahkan dianggap sebagai pahlawan pencipta perdamaian yang menggunakan strategi anti kekerasan.

Beliau sangat menentang diskriminasi yang diberikan kepada orang-orang kulit hitam berdarah amerika-afrika yang terjadi di amerika serikat pada saat itu.

Di amerika orang-orang kulit hitam dianggap sebagai manusia kelas bawah dan bisa diperlakukan dengan tidak patut di semua sektor yang ada di negara tersebut.

Beliau sungguh tidak terima akan perlakuan yang tidak adil tersebut, sehingga beliau membuat berbagagai pergerakan sipil secara besar-besaran yang akhirnya membuahkan hasil pada kebijakan-kebijakan publik yang ada di amerika pada tahun 1960an.

Perjuangan HAM beliau tidak hanya terfokus pada diskriminasi orang-orang kulit hitam saja, tapi beliau juga berjuang pada pelanggaran ham yang ada dalam perang yang pada saat itu terjadi di negara vietnam. beliau juga menerima perhargaan nobel perdamaian pada tahun 1963.

Tapi sayang perjuangan beliau harus berakhir pada tanggal 4 april 1968 karena beliau tewas ditembak pada saat melakukan aksinya di memphis.

Hal tersebut menjadi guncangan yang sangat besar di amerika sehingga menyebabkan banyak kerusuhan dan bentrokan yang terjadi di berbagai kota yang ada di seluruh amerika serikat.

Bunda Teresa, Ibu Semua Ras Di Dunia (India)

bunda

Perlu kawan-kawan ketahui bahwa bukan hanya mahatma gandhi yang terkenal sebagai tokoh kemanusiaan dari india.

Ada juga seorang tokoh kemanusiaan lagi asal india dan dia juga merupakan salah satu tokoh wanita yang paling menginspirasi orang-orang di dunia ini. Tokoh wanita ini bernama agnes gonxha bojaxhiu atau yang mungkin lebih kawan-kawan semua kenal dengan nama mother teresa atau bunda teresa.

Bunda teresa adalah seorang biarawati katolik roma keturunan albani dan berkewarganegaraan india. Pada tahun 1950 Beliau mendirikan sebuah kelompok yang bernama missionaries of charity atau bisa disingkat dengan nama M.C. di kalkuta india.

Kelompok ini bertujuan mengabdikan hidupnya  untuk melayani orang sakit, miskin, yatim piatu atau siapa pun orang yang membutuhkan bantuan.

Beliau juga berusaha untuk menghapuslan kesenjangan sosial yang banyak terjadi di seluruh dunia.

Perjuangan beliau didasarkan atas cinta dan kasih, sehingga beliau mendapat julukan sebagai ibu semua ras di luruh dunia. Kelompok yang didirikannya terus berkembang samasa dia hidup maupun semasa dia telah tiada.

Beliau telah banyak melaksanakan misi penyelamatan di 123 negara yang ada di dunia ini. Beliau juga mendapatkan pehargaan nobel perdamaian pada tahun 1979.

Soekarno, Pejuang Revolusioner Kemerdekaan (Indonesia)

pejuang indo

Tokoh yang satu ini pasti kawan-kawan semua tahu, karena dia adalah salah satu tokoh pejuang kemerdekaan indonesia dan merupakan presiden pertama negeri tercinta kita, indonesia.

Beliau adalah Ir. Soekarno yang memiliki nama lengkap koesno sosrodihardjo. Beliau merupakan tokoh yang sangat penting dalamsejarah perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia.

Beliau juga adalah salah satu tokoh yang membawa kemerdekaan kepada rakyat indonesia. Nama soekarno mulai dikenal ketika beliau menjadi anggota jong java di cabang surabaya pada tahun 1915.

Beliau sering diasingkan oleh pemerintah pada saat itu, karena pergerakan beliau dianggap sangat berbahaya.

Soekarno bebas pada tahun 1942 tepat pada saat belanda menyerahkan indonesia ke tangan jepang. Sejak beliau bebas, beliau terus melakukan pergerakan-pergerakan bersama rekan seperjuangannya hingga ia dan rekan seperjuangannya membuahkan hasil pada tanggal 17 agustus 1945 berupa memploklamirkan kemerdekaan indonesia yang diawakili oleh Ir. Soekarno dan M. Hatta. Setelah negara indonesia resmi merdeka, beliau pun dipilih sebagai presiden pertama indonesia.

Ir. Soekarno terkenal bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri, karena beliau banyak memberikan gagasan-gagasan di dunia internasional. Beliau sangat prihatin terhadap bangsa asia-afrika yang belum merdeka dan belum mempunyai hak untuk menentukan nasib negara mereka sendiri.

Dengan alasan tersebut pada tahun 1955 maka diselenggarakanlah sebuah konferensi asia-afrika untuk pertama kalinya di bandung. Berkat jasa beliau juga, ada beberapa negara di benua asia dan afrika yang akhirnya bisa merasakan indahnya kemerdekaan.

Harriet Tubman

pejuang wanita

Bagaimana pendapat kawan-kawan dengan perbudakan? sungguh tak manusiawi bukan? Itulah yang dirasakan oleh salah seorang tokoh kemusiaan wanita asal amerika ini, beliau bernama harriet tubman.

Beliau adalah seorang keturunan amerika-afrika yang sangat menentang praktek perbudakan dan ikut membantu menyelamatkan orang-orang yang telah menjadi budak.

Beliau lahir pada tahun 1822 di maryland, beliau dilahirkan di dalam keluarga budak dan sering kali beliau dipikul oleh tuannya sebelum beliau berhasil melarikan diri pada tahun 1849 ke philadephia.

Akan tetapi, beliau  secepat mungkin kembali ke tempat kelahirannya tersebut dan juga ke berbagai negara budak lainnya untuk membantu para budak yang lain, beliau membantu para budak untuk melarikan diri dengan menggunakan jalan kereta api bawah tanah.

Selama hidupnya beliau telah berhasil memimpin 13 misi untuk menyelamatkan para budak dan beliau juga telah berhasil menyelamatkan 70 orang budak.

Bukan hanya melakukan penyelamatan para budak, beliau juga bekerja pada union sebagai mata-mata selama terjadi perang saudara di amerika serikat.

Bagaimana menurut kawan-kawan semua tentang perjuangan para tokoh kemanusiaan diatas? Pasti kawan-kawan berpikir bahwa perjuangan mereka suangguh hebat dan tak kenal menyerah bukan?

Mereka semua berjuang agar semua manusia yang ada di dunia ini mendapat keadilan yang sama tanpa perlu memandang ras dan golongannya.

Mereka juga berjuang agar negara mereka mendapatkan kemerdekaan dan diperlakukan dengan layak sebagai semsama manusia. Mereka juga berjuang untuk menghapus diskriminasi dan juga sistem perbudakan pada orang-orang kulit hitam.

Dan perlu diketahui juga mereka juga telah berhasil dalam melakukan semua hal itu, walau tak sedikit dari para tokoh tersebut meninggal dalam perjuangannya.

Baca Juga : Mas Kawin Paling Unik dan Aneh Yang Pernah Ada Di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *