7 spesies tanaman paling aneh dan unik di dunia

Welwitschia mirabilis : tanaman paling tangguh di dunia

Tanaman ini tidak cantik, tetapi tanaman Namibia bernama Welwitschia Mirabilis ini benar-benar diklaim menjadi satu satunya tanaman yang bebeda dari yang lain.

Tidak ada tanaman lain yang seperti ini. Tanaman Welwitschia hanya terdiri dari dua daun dan sebuah batang kokoh dengan akar.

Hanya itu. Dua daun itu akan terus tumbuh hingga menyerupai bulu tengkuk yang lebat dari alien di film-film sci-fi.

Batangnya keras, tidak tumbuh meninggi, batangnya mampu tumbuh hanya hampir 2 meter dan juga melebar hingga 8 meter.

Masa hidup tanaman ini sangatlah lama yakni 400 sampai 1500 tahun. Dia mampu bertahan hidup sampai 5 tahun tanpa air sama sekali.

Baca Juga : 11 Hotel dengan konsep unik di dunia

Tanaman ini disebut-sebut sangat lezat, baik dimakan mentah maupun dibakar di arang panas, itulah mengapa tanaman ini juga disebut Onyanga, yang berarti bawang  merah padang pasir.

Dionaea muscipula:si Venus Fly Trap

Venus Fly Trap ini adalah tananaman karnivora paling terkenal karena aktif dan memiliki perangkap yang sangat unik. Dia boleh saja terkenal, tetapi juga ditakuti.

Tanaman ini memiliki dua daun yang menempel dan tertutup oleh bulu-bulu halus ultra sensitif yang mampu mendeteksi kehadiran apapun mulai dari semut hingga kala jengking.

Menggerakkan bulunya lalu hap!

Jebakan itu langsung terkantup dalam waktu kurang dari satu detik.

Rafflesia arnoldii : Bunga terbesar di dunia

Merupakan salah satu tanaman eksotis dan langka yang tidak akan ditemukan tumbuh di berbagai tempat. Tanaman ini tumbuh sebagai bunga terbesar di dunia.

Tanaman yang eksotis, sangat langka, berbintik, relatif tidak cantik, coraknya seakan berkarat ini disebut Rafflesia Arnoldii.

Rafflesia Arnoldii, saat ini dimasukkan ke dalam family Euphorbiaceae, yakni tanaman bunga tunggal yang sangat besar di dunia.

Ukurannya 3 kaki dengan berat sekitar 15- 24 pon. Itu sangatlah besar bahkan tidak seperti bunga. Kenapa?

Karena jika kalian menemukannya di wilayah hutan hujan, kalian akan mencium bau yang sangat menyengat saat bunga ini mekar.

Baunya seperti daging busuk. Inilah mengaka bunga ini kerap disebut tanaman mayat oleh beberapa penduduk asli Indonesia, yang merupakan tempat tanaman ini berasal.

Amorphophallus titanum : Bunga Mayat

Bunga ini lebih tinggi dari manusia, berbau busuk sangat menyengat dan berwarna ungu burgundy gelap menyerupai daging busuk.

Tetapi tanaman Indonesia yang banyak disebut warga setempat dengan bunga mayat ini memang nyatra, fenomena, dan membantu penyerbukan serangga liar yang senang dengan bau busuk menyengat seperti ini.

Baca Juga : 11 Jalan yang berbahaya dan mematikan di dunia

Merupakan tanaman asli Indonesia, yang disebut titan arum atau amorphophallus titanium, adalah bunga majemuk terbesar di dunia.

Baobab : Bottle Tree (Pohon Botol)

Baobab merupakan nama umum dari genus (Adansonia) terdiri dari delapan spesies pohon, asli dari Madagaskar, tanah daratan Africa dan Australia.

Disebut juga Bottle Tree (Pohon Botol), bukan hanya karena bentuknya mirip pohon tetapi juga mampu menampung lebih dari 300 liter air.

Tidak heran mengapa dia mampu hidup lebih dari 500 tahun.

Mimosa púdica :  Tanaman Pemalu

Mimosa Pudica (pudica = malu), atau Sensitive Plant, memiliki hal yang unik.

Dasar atas daunnya akan mengantup dan layu jike disentuh atau digoyang, lalu akan terbuka lagi dalam beberapa menit kemudian.

Spesies ini merupakan tanaman asli dari Amerika selatan dan Amerika tengah, tapi saat ini dia banyak dikenal sebagai tanaman tropis dan disebut putri malu.

Siapa tahu memang tanaman ini punya perasaan malu?

Selaginella lepidophylla : Tanaman Reinkarnasi

Disebut juga sebagai Rose of Jericho, Selaginella Lepidophylla ini adalah spesies tanaman gurun pasir, dilihat dari kemampuannya untuk bertahan hidup dalam kekeringan yang sangat luar biasa. Selain itu cuaca yang kering dan panas merupakan habitat aslinya.

Batangnya mengeriting lalu menguncup menjadi bola saat panas dan terbuka (mekar) kembali ketika terkena basah atau kelembapan.

Tanaman ini asli dari Gurun Pasir Chihuahuan.

Baca Juga : Misteri dan Fakta Menarik Tentang Machu Picchu

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *