9 Negara Berikut Ini Tidak Memiliki Gunung di Wilayahnya

Negara yang Tidak Memiliki Gunung – Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali….

Seperti itu penggalan lagu anak-anak yang pastinya sebagian kita kenal dan sering senandungkan.

Berjalan-jalan di gunung tentunya menjadi sebuah alternatif tersendiri, khususnya bagi sebagian orang yang tinggalnya jauh dari pegunungan, misalnya pantai, atau dataran rendah.

Untuk orang-orang yang tinggal di pegunungan, tentu suasana pegunungan merupakan suatu hal yang biasa.

Saya sendiri tinggal di kota Bandung, yang dikelilingi oleh gunung.

Baca Juga : 10 Mobil Sport Paling Mahal Di Dunia

Bandung sendiri kabarnya konon merupakan sebuah danau, yang airnya kemudian menyusut dan akhirnya menjadi sebuah kota.

Kawasan gunung kerap dijadikan objek wisata.

Indonesia juga terkenal karena memiliki gunung-gunung yang terkenal di dunia, karena tingginya, ataupun karena keaktifan laharnya.

Gunung identik dengan ketinggian, dan suhu yang rendah alias dingin. Lalu apa sebenarnya gunung?

Gunung adalah sebuah fenomena alam yang terjadi, karena adanya pergeseran lempeng tektonik, yang berbenturan, yang mengakibatkan tanah lebih menonjol tinggi. Lalu di dalam gunung juga terdapat lahar dan lava, serta berbagai jenis batuan.

Gunung berapi terbagi menjadi dua, yaitu gunung yang aktif dan gunung yang tidak aktif. Gunung yang aktif berpotensi menimbulkan gempa dan lahar yang meletus dan bisa menyembur ketika terjadi pergolakan di perut bumi (panas bumi).

Indonesia terkenal dengan gunung-gunung yang tinggi, seperti Puncak Jaya Wijaya (gunung tertinggi di Indonesia, yang tingginya mencapai 5 kilometer), gunung Semeru (yang terkenal melalui film 5 cm), dan gunung Merapi (yang terkenal dengan Mbah Maridjan, dan sering meletus). Banyak gunung-gunung lainnya.

Di Bandung, ada gunung yang cukup terkenal, yaitu gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini terkenal karena gunung ini menyerupai perahu yang terbalik.

Konon katanya, gunung ini merupakan perahu yang gagal diselesaikan oleh Sangkuriang yang ingin meminang ibunya sendiri, Dayang Sumbi dalam satu malam.

Lalu mungkinkah suatu negara tidak memiliki gunung di wilayahnya? Berikut cuplikan tentang negara yang tidak memiliki gunung di wilayahnya.

  1. Kuwait

Kuwait merupakan negara di Asia, yang tidak memiliki gunung di wilayahnya. Sebagian wilayah Kuwait ditutupi oleh padang pasir yang panas.

Meskipun Kuwait memiliki Teluk Kuwait yang merupakan sumber air bagi Kuwait. Titik tertingginya Mutla Ridge hanya mencapai 306 meter.

Namun Kuwait merupakan negara penyimpan minyak yang besar dan masih tertimbun, diperkirakan mencapai 70 juta barrels

  1. Denmark

Rata-rata tingginya adalah 31 meter di atas permukaan laut.  Denmark tidak memiliki gunung di wilayahnya.

  1. Estonia

Titik tertinggi Estonia adalah 318 meter, yaitu di Suur Munamagi. Banyak hutan di Estonia, yang menjadi habitat beruang, rusa, dan babi serta pepohonan.

  1. Guinea-Bissau

Negara yang terletak di Afrika Barat ini wilayahnya kecil.

Titik tertingginya adalah 300 meter di dataran Gabu. Kebanyakan dari daerah Guinea-Bissau berupa dataran rendah, sabana, rawa-rawa, dan hutan mangrove.

  1. Latvia

Latvia terletak di timur Laut Baltic, di antara Estonia dan Lithuania. 98% dari wilayah di negara ini berada di bawah ketinggian 200 meter.

Wilayah ini diliputi oleh padang, mirip Telletubies Land.

  1. Lithuania

Lithuania memiliki wilayah campuran natara dataran tinggi dan dataran rendah, dengan ketinggian maksimum 294 meter di Aukstojas Hill. Di wilayah ini terdapat banyak danau, dan hutan-hutan belantara.

  1. Belarusia

Belarusia terdiri dari wilayah perbukitan dengan rata-rata ketinggian 160 meter di atas permukaan laut. Daerah yang cocok untuk pabrik industri, dan pertanian.

  1. Moldova

Moldova merupakan wilayah yang cocok untuk pertanian, namun tidak memiliki wilayah pegunungan. Rata-rata ketinggian 147 meter.

  1. Gambia

Wilayah Gambia terdiri dari pantai, dan hutan mangrove. Titik tertinggi hanya 53 meter.

Bagaimana? Semoga artikel negara berikut ini tidak memiliki gunung di wilayahnya bisa bermanfaat.

Baca Juga : Misteri Jembatan Panus Depok, Usianya Sudah 100 Tahun

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *