Bentuk-Bentuk Sikat Gigi Diawal Kemunculannya

Sikat Gigi Paling Unik dan Aneh – Sikat gigi merupakan alat yang wajib dimiliki setiap orang.

Alat yang bertujuan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan ini memang memiliki bermacam-maam bentuk.

Mulai dari yang lurus maupun dengan berbagai bentuk. Namun pernahkah anda membayangkan bagaimana rupa sikat gigi diawal kemunulannnya?

Apakah bentuknya indah?

Atau hanya berbentuk seadanya?.

Jika anda belum pernah mengetahui bentuk-bentuk sikat gigi diawal kemunculannnya maka wowaneh.com sudah merangkumnya untuk anda.

Berikut bentuk-bentuk sikat gigi diawal kemunculannnya versi wowaneh.com :

Siwak

Siwak merupakan sikat gigi yang berupa kayu. Cara menggunakannya ialah dengan mengunyahnya. Siwak ini memang sikat gigi pertama yang ditemukan.

Baca Juga : Hal-hal unik dibalik Nasi Kembulan

Sikat gigi yang diambil dari tanaman salvadora persica ini diyakkini dapat digunakan sebagai obat dan sebagai antiseptik.

Siwak ini sudah memiliki umur sampai 3500 tahun. Dan digunakan dari dulu hingga saat ini.

Meskipun bentuknya cenderung sederhana, namun diyakini sikat gigi ini dapat membersihkan sisa-sisa makanan hingga ke sela-sela gigi.

Sikat Gigi Dari Tulang Dan Batu

Sikat gigi modern pertama muncul sekitar tahun 1770 oleh narapidana inggris yaitu William Addis. Sikat gigi modern ini muncul di negara Eropa.

Pada tahun 1770 alat untuk membersihkan gigi ialah dengan menggunakan kain yang diberi garam lalu menggosokkannya pada gigi.

Lalu Addis mencoba untuk berinovasi menggunakan tulang sisa makanan malamnya untuk digunakan sebagai sikat gigi.

Tulang sisa makannnya lalu dilubangi dan diberi bulu-bulu, kemudian diikat dengan kencang.

Setelah keluar dari penjara Addis mulai memproduksi sikat gigi ini secara massal.

Sikat gigi ini diproduksi secara massal sekitar tahun 1780.

Meskipun sikat gigi ini cenderung sederhana, namun saat itu sudah banyak yang menggunakannya.

Inovasi Sikat Gigi Dari Tulang Dan Bulu Yang Menjadi Tonggak Sikat Gigi Modern

Perang dunia kedua memang sempat memakan banyak korban jiwa. Perang dunia kedua inilah yang menimbulkan kebiasaan untuk menyikat gigi setiap hari dan menjadi lebih peduli dengan kebershan ronggga mulut.

Kebiasaan ini diperkenalkan oleh tentara Amerika Serikat, dimana mereka diwajibkan menyikat giginya setiap hari.

Penggunaan tulang dan bulu yang dianggap kurang higienis kemudian digantikan dengan menggunakan bahan-bahan sintetik dan nilon.

Saat itu dikenalkan sikat gigi yang berbahan dasar dari nilon oleh Wallace H. Carohes di laboratorium Du Pont. Sikat gigi ini diperkenalkan sekitar tahun 1938.

Sikat gigi berbahan dasar nilon in diyakini lebih higienis dibandingkan dengan sikat gigi yang berbahan dasar dari tulang dan bulu.

Sikat gigi yang bulunya berbahan dasar dari nilon ini memang memiliki banyak kelebihana yaitu memiliki bulu yang lebih halus, teksturnya lebih mudah diatur dan biaya produksi yang dikeluarkan lebih efisien.

Meskipun sikat gigi yang berbahan dasar dari nilon memiliki banyak kelebihan, namun sikat gigi ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak mudah kering.

Bulu sikat yang tidak mudah kering inilah yang menyebabkan munculnya bakter di sela-sela bulu sikat gigi. Sikat gigi inilah yang menjadikan awal pertumbuhan sikat gigi modern.

Demikian ulasan dari kami mengenai bentuk-bentuk sikat gigi diawal kemunculannya. Memang diawal kemunculannya sikat gigi memiliki bentuk yang sangat sederhana.

Namun begitu bentuk sikat gigi yang masih sederhana iyulah yang melatarbelakangi sikat gigi yang modern hingga saat ini.

Semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan serta pengetahuan anda. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terimakasih sudah berkunjung.

Baca Juga : Jenis-jenis Rasi Bintang Terindah Di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *