Daerah di Indonesia yang Memiliki Suhu Paling Rendah

Daerah di Indonesia yang Memiliki Suhu Paling Rendah – Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Dengan hanya dua musim tersebut, Indonesia juga memiliki suhu yang masih rata-rata atau tidak terlalu panas maupun terlalu dingin jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang memiliki empat musim.

Namun, tahukan Anda, ada beberapa daerah di Indonesia yang ternyata memiliki suhu yang sangat dingin, bahkan hampir mirip dengan suhu musim dingin di negara empat musim seperti Eropa. Inilah daftar daerah yang bersuhu paling rendah di Indonesia.

Mulia, Papua

Siapa yang tidak kenal dengan puncak jaya, terlebih para pecinta alam yang pasti pernah mendengar informasi mengenai daerah ini.

Baca Juga : Keindahan Lautan Kuning Unik dan Aneh di Xinghua Jiangsu, China

Puncak Jaya merupakan puncak gunung Jaya Wijaya di Papua yang diselimuti oleh salju. Letaknya yang tidak jauh dari puncak tersebut membuat daerah Mulia, kabupaten Puncak Jaya, Papua menjadi daerah yang memiliki suhu terendah di Indonesia.

Terletak di ketinggian lebih dari 2400 mdpl membuat Mulia hampir setiap hari bersuhu 15 sampai 10 derajat celcius saja.

Waghete, Papua

Daerah yang mempunyai suhu paling dingin di Indonesia selanjutnya yaitu Waghete, salah satu daerah yang juga terletak di Papua.

Waghete terletak di ketinggian 2200 mdpl, hal ini membuat daerah ini memiliki suhu yang rendah, terlebih daerah ini juga hanya sedikit mendapat sinar matahari.

Oleh karena itu, suhu di Waghete bisa mencapai 10 derajat celcius di malam hari.

Wonosobo, Jawa Tengah

Jika dua daerah sebelumnya terletak di Papua, maka daerah terdingin di Indonesia yang selanjutnya ada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonosobo.

Kabupaten ini menjadi daerah yang paling dingin di Jawa Tengah dengan suhu rata-rata setiap harinya hanya 18 derajat celcius.

Baca Juga : 5 Sekolah Menengah Atas (SMA) Paling Baik Di Dunia

Suhu ini akan terus turun hingga mencapai 13 derajat celcius saja di malam hari.

Suhu yang rendah ini sendiri dipengaruhi oleh ketinggian Wonosobo yang mencapat 2000 meter di atas permukaan laut.

Belum lagi, suasana di Wonosobo juga masih cukup asri sehingga teduh dan dingin.

Berastagi, Sumatera Utara

Tempat paling dingin di Indonesia yang selanjutnya yakni Kabupaten Berastagi, Karo, Sumatera Utara.

Letak Kabupaten Berastagi sendiri diapit oleh dua gunung besar, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Tak ayal jika suhu di daerah ini tergolong rendah jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia, yaitu hanya 23 sampai 21 derajat celcius saja setiap hari.

Suhu tersebut juga akan semakin turun di malam hari dan musim penghujan.

Lembang, Jawa Barat

Lembang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang juga masuk ke dalam daftar tempat paling dingin di Indonesia.

Lokasinya yang berada di pegunungan, tepatnya di ketinggian 1300 hingga 2100 mdpl membuat Lembang memiliki suhu yang dingin dari tempat-tempat lain di Jawa Barat.

Meskipun begitu, Lembang tetap diminati banyak wisatawan karena banyak sekali objek wisata yang ada di daerah ini.

Itulah 5 daerah di Indonesia yang memiliki suhu paling dingin.

Jika Anda tertarik untuk membuktikan, Anda bisa berkunjung ke daerah tersebut sekaligus menikmati liburan dan pemandangan yang indah di sana karena hampir semua daerah yang bersuhu rendah tersebut terletak di dataran tinggi, yang mana tentu memiliki pemandangan yang sangat indah, salah satunya Wonosobo, Jawa Tengah dan Lembang, Jawa Barat yang dikenal sebagai daerah dengan banyak objek wisata alam menarik.

Baca Juga : Negara Dengan Pengguna Internet Terbesar Di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *