Fakta perang Vietnam yang menyebabkan Amerika Serikat Kalah

WOWaneh.com – Manusia diciptakan selain sebagai makhluk individualis, juga sebagai mahkluk sosial yang membutuhkan manusia lain dan berkelompok.

Di dalam suatu kelompok tentu saja ada berbagai faktor yang bisa memperkuat rasa persaudaraan di dalam kelompok.

Perasaan yang sama yang menyatukan kelompok, seperti sama-sama hidup bersama, sama-sama susah bersama, pasti memperkuat suatu kelompok.

Ada teori konflik kelompok, yang menyatakan bahwa antar kelompok bisa terjadi perselisihan karena adanya perbedaan pendapat.

Dan setiap perbedaan pendapat, tentunya bisa mengarah kepada hal-hal seperti perselisihan pendapat, pertengkaran atau bahkan peperangan.

Baca Juga : 5 penemuan hebat yang tidak disengaja

Alasan utama dari terjadinya perang adalah perasaan terancam, ingin menguasai ataupun perebutan suatu wilayah dan sumber daya.

Di dunia sendiri sudah banyak terjadi perang, dari abad-abad awal manusia sampai saat ini.

Salah satu besar perang yang melibatkan dunia adalah Perang Dunia ke 1 dan 2.

Perang ini cukup ekstrim, karena perang ini melibatkan berbagai negara yang saling beraliansi, dan menggetarkan seluruh dunia.

Hampir seluruh belahan bumi terkena dampak dari Perang Dunia 1 dan 2. Perang ini juga sebagai bukti, hanya karena berbeda paham, dunia bisa hancur.

Perang Dunia 1 dan 2 berpusar pada pertentangan antara faham sosialis dengan liberal.

Sekutu melawan fasisme. Untuk fasisme sendiri, didominasi oleh negara-negara dengan paham sosialis, seperti Rusia, Italia, Jerman, Jepang, sementara untuk liberal didominasi oleh negara Eropa seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.

Negara-negara yang terlibat baik fasisme dan sekutu, masing-masing memiliki armada perang yang cukup kuat, dengan tentara terlatih, bekal makanan dan persediaaan perang yang memadai, senjata yang lengkap mulai dari senapan sampai meriam, hingga strategi dan pemimpin perang yang handal.

Namun di dalam kenyataan perang, semua keadaan yang sebenarnya terjadi kadang sangat sulit.

Beberapa perang menyisakan cerita dimana beberapa tentara harus melawan cuaca buruk, perbekalan yang kurang, senjata yang seadanya atau malah melawan wabah penyakit.

Perang yang tidak baik strateginya juga berakibat cukup fatal.

Salah satu yang pernah merasakannya adalah Amerika Serikat, ketika harus berhadapan dengan Vietnam selama kurang lebih 20 tahun (dari 1955-1975).

Amerika Serikat padahal merupakan negara yang jauh lebih kuat secara statistik dibanding Vietnam.

Bagaimana bisa?

Berikut fakta perang Vietnam yang menyebabkan Amerika Serikat kalah.

  1. Perang 20 tahun ini ternyata melibatkan Amerika Serikat, Laos, Kamboja dan Vietnam. Tujuannya adalah melawan faham komunis yang dipegang oleh Viet Cong, yang dianggap mengancam kedamaian dunia. Total ada 58.000 lebih tentara Amerika Serikat yang meninggal selama perang berlangsung. Perang ini juga merupakan kelanjutan dari klaim Perancis atas Indochina (Laos, Kamboja dan Vietnam). Di pihak Vietnam sendiri ada sekitar 200.000 orang yang meninggal dunia. Sebenarnya Amerika Serikat dibantu Korea Selatan yang menganut paham liberalis juga. Tentara Amerika Serikat menggunakan senjata M-16, yang ternyata performanya dinilai kurang baik di Perang Vietnam.
  2. Viet Cong sendiri merupakan ekstrimis partai komunis yang dididik dan dilatih, untuk menjadi tentara yang kuat di segala medan, bahkan hutan belantara Vietnam yang cukup berat, dengan banyak pohon dan binatang buas. Viet Cong terkenal dengan kemampuan bergerilya, merebut senjata dan membuat jebakan dan persembunyian yang dikenal dengan Tunnel Rat. Jebakan yang dibuat juga ekstrim, dengan menggunakan ular viper beracun, bom atau granat yang ditanam di bawah tanah, lalau jebakan primitif dengan menggunakan bambu yang ditajamkan, dan apabila tersentuh maka akan muncul bambu yang menusuk dari bawah tanah. Belum lagi bom beton  yang dipasangi paku panjang, yang bisa menghujam kepala tentara Amerika Serikat yang sedang melintas secara langsung tanpa ampun. Belum lagi apabila tentara Amerika disekap, maka akan dimasukkan ke dalam sel yang sempit, dan disiksa bahkan sampai mati. Presiden Amerika Serikat saat itu F. Kennedy kesulitan mengevakuasi tentaranya sendiri. Rasa persaudaraan dan solidaritas Viet Cong kuat, sehingga mereka cukup kompak dan akhirnya bisa mengusir Amerika Serikat dari Vietnam.

Itu tadi fakta perang Vietnam yang menyebabkan Amerika Serikat kalah.

Baca Juga : 5 Restauran dengan konsep yang unik dan aneh di dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *