Fakta Unik Bukit Pasir yang Bisa Berpindah – Pindah

Fakta Unik Bukit Pasir yang Bisa Berpindah – Pindah – Menikmati masa liburan di berbagai tempat dengan pesona alam yang indah tentu sangat menyenangkan.

Tempat – tempat wisata di berbagai daerah seolah – olah sudah memanggil – manggil untuk segera dikunjungi.

Salah satunya saja pantai dengan pemandangan hamparan laut dan pasir yang menjadikan kamu betah berlama – lama menginjakkan kaki disana.

Pantai sendiri merupakan salah satu tempat utama yang tidak bisa terlewatkan untuk menghabiskan masa liburan.

Jika Paris terkenal dengan wisatanya yang bernama Eiffel Tower dan kiblatnya semua fashion dunia, maka ada satu tempat lagi yang wajib kamu ketahui ketika berkunjung ke negara romantis ini.

Baca Juga : 5 Karakter Film yang Ternyata Ada di Dunia Nyata!

Apalagi hamparan pasirnya yang luas pasti akan mampu membuat kamu betah berlama – lama menikmati pemandangan sekitarnya.

Mampu Bergerak

Namun, ada keunikan yang terdapat di Bordeaux di kawasan teluk Arcachon, Perancis. Yang kalau biasanya hamparan pasir selalu menghiasi bibir pantai, beda dengan pasir satu ini. Sebuah bangunan pun mampu ditelannya.

Adalah Great Dune of Pyla atau juga dikenal dengan sebutan Great Dune of Pilat. Sebuah bukit pasir rakasasa yang mampu bergerak cepat sekitar 10 meter per tahun, tapi terkadang juga bisa sangat lambat yang memakan waktu kurang dari 1 meter per tahun.

Bukit pasir ini menjulang tinggi sekitar 107 meter di atas permukaan laut, serta mempunyai volume 60 juta meter kubik pasir.

Panjang dari bukit pasir raksasa ini pun bisa mencapai 3 kilometer dan lebar 500 meter.

Kurang lebih selama kurun waktu 57 tahun bukit pasir raksasa ini telah bergerak sekitar 280 meter jauhnya dengan perpindahan 4,9 meter per tahun lho.

Tapi sayangnya kamu tidak bisa memprediksikan kearah mana pergerakan bukit pasir raksasa ini, karena arah mata angin dan kondisi iklim disana lah yang mampu membawanya kemana pun.

Tenaga angin lah yang mampu mengangkat butiran – butiran pasir dan terbang membawanya kearah manapun.

Mampu Menelan Bangunan

Jangan anggap sepele bukit pasir ini lho, sebab menurut situs Travelingyuk, The Great Dune of Pyla telah membuktikan bahwa telah mampu menelan beberapa properti rumah dan bangunan villa yang ada di sekitar pada tahun 1928 (sumber Tribun Travel).

Hal ini disebabkan pergerakan yang dilakukan oleh bukit pasir yang sedikit demi sedikit itu.

Tapi kejadian ini ternyata tidak justru  membuat para wisatawan asing takut untuk berkunjung kesana lho.

Para wisatawan pun semakin penasaran dan akhirnya mendaki bukit pasir raksasa tersebut menuju atas.

Ditambah lagi dengan disediakannya fasilitas tangga menuju ke puncak bukit, jadi semakin memudahkan para wisatawan untuk menikmati beberapa view dari atas.

Bahkan menurut situs Tribun Travel bukit pasir raksasa ini menjadi destinasi utama di Perancis dan telah dikunjungi jutaan para wisatawan setiap tahunnya.

Menghabiskan waktu liburan di The Great Dune of Pyla adalah hal menakjubkan. Apalagi pemandangan yang ditawarkan pun sangat lah menggiurkan.

Dari atas bukit pasir raksasa itu lah kamu bisa sekaligus bermain sand boarding dan menikmati pemandangan laut Mediterania dan pegunungan Pyreness lho.

Beruntung kamu bisa menikmati matahari terbenam di senja hari ketika mengunjungi bukit raksasa ini.

Jadi, jangan hanya menghabiskan waktu di lingkungan perkotaan Perancis saja. Nikmati pemandangan memukau dari atas bukit pasir The Great Dune of Pyla yang memberikan kamu sejuta view luar biasa.

Baca Juga : 5 Kisah Cinta Berakhir Dengan Tragis Di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *