Hal-hal unik dibalik Nasi Kembulan

Fakta Unik Nasi Kembulan – Nasi kembulan merupkan salah satu nasi yang cara menyantapnya dengan unik yaitu kembulan atau bersama-sama.

Nasi kembulan disini mengartikan nasi yang diletakkan ditempat yang besar beserta lauk-pauknya dengan cara makan bersama-sama dalam satu wadah.

Nasi kembulan memang dapat menjalin tali silaturahim antar orang-orang. Namun tahukah anda nasi kembulan dari berbagai daerah?

Jika belum, silahkan simak ulasan dibawah ini mengenai hal-hal unik dibalik nasi kembulan versi wowaneh.com. Dan berikut ulasannya :

  1. Menjalin Tali Silaturahim

Nasi kembulan memang memiliki tujuan untuk mejaga tali silaturahim antar saudaraan. Nasi kembulan cenderung menggambarkan rasa kebersamaan dan keinginan dalam menjaga hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain.

Baca Juga : Tempat Belanja Paling Murah Di Indonesia

Nasi kembulan bisa dilakukan dengan keluarga serumah atau dengan orang-orang satu desa.

Namun hal yang perlu diperhatikan bahwa makanan yang dikonsumsi bersama haruslah higienis.

Karena akan mempengaruhi kesehatan banyak orang. Nasi kembulan sampai saat ini masih dipertahankan dan bahkan menjadi trend cara menikmati makanan saat ini.

Karena nasi kembulan memang sangat diyakini memiliki banyak pengaruh yang positif terhadap orang yang satu dengan orang yang lainnya.

  1. Sebagai Wujud Rasa Syukur

Nasi kembulan yang disantap bersama-sama awalnya memang bertujuan untuk wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan.

Wujud rasa syukur inilah yang diwujudkan dengan makan bersama-sama dalam satu wadah.

Wujud rasa syukur atau syukuran ini biasanya dilakukan oleh satu desa.

Namun tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh satu keluarga atau beberapa keluarga.

Nasi kembulan memang menjad ciri khas dalam kegiatan syukuran dan menikmati rezeki yang didapat baik banyak maupun cukup.

Kebiasaan inilah yang sampai saat ini masih diterapkan oleh beberapa daerah di negara Indonesia.

Dan kegiatan ini biasanya hanya dilakukan beberapa kali dalam setahun, kegiatan ini juga dapat mengu,mpulkan seluruh warga yang jarang bertemu satu sama lain.

  1. Wujud Rasa Kekeluargaan Dan Keakraban

Nasi kembulan memang uga menjadi simbol dari persaudaraan dan kekeluargaan bagi orang yang memakan dengan cara ini.

Kembulan atau makan menggunakan tangan memang menunjukan kesederhanaanya dan menunjukan strata yang sama bagi orang yang melakukannya.

Maka hal ini wajar sering dilakukan sebagai wujud kekeluargaan tanpa memandang status, suku, agama, ras dan pangkat seseorang.

Karena ketika makan nasi kembulan semua orang yang mengikutinya dianggap sama satu sama lain.

karena tidak adanya perbedaan antara satu sama lain inilah yang nantinya dapat memunculkan rasa keakraban antara satu orang dengan orang yang lainnya.

  1. Isian Nasi Kembulan

Nasi kembulan memang memiliki isian yang bermacam-macam jenisnya. Namun biasanya nasi kembulan memiliki isian yang bergizi seperti sayur mayor, buah, tempe, tahu, sambal, daging dan yang lainnya.

Nasi kembulan memang seperti makanan 4 sehat yang memenuhi gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas dalam isian nasi kembulan. Dalam adat jawa biasanya terdapat daging ayam, sayur lodeh, asam-asam yang dibuat dari nangka muda dan sayuran lainnya.

Namun hal ini tentunya berbeda jika dibandingkan dengan nasi kembulan yang berasal dari daerah luar jawa.

Meskipun berbeda-beda, namun hal inilah yang menjadi keunikan nasi kembulan itu sendiri.

Demikian ulasan dari kami semoga dapat bermanfaat dan mampu menambah referensi atau pengetahuan anda. Mohon maaf jika ada kekurangan dan terimakasih.

Baca Juga : Jenis-jenis Rasi Bintang Terindah Di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *