Ikan Hiu Paling Tua Di Dunia

Ikan Hiu Paling Tua Di Dunia – Tidak ada yang menyangka bahwa didunia ini terdapat seekor hiu betina yang terkenal karena memiliki usia yang sangat penjang dari hiu- hiu lainnya.

Hiu tertua di dunia ini ditemukan di Greenland melalui beberapa penelitian yang melibatkan ahli biologi yang meneliti tentang masa hidup 28 jenis hewan disana.

Dengan di temukannya hiu tertua di dunia ini, maka hiu ini memecahkan rekor hewan vertebrata tertua di dunia.

Baca Juga : Tempat Paling Misterius Di Dunia

Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan penanggalan radiokarbon dalam menemukan kisaran usia hewan- hewan yang diteliti.

Walaupun tidak dapat menentukan usia dengan tepat, namun dengan penanggalan radiokarbon ini para peneliti dapat mengetahui bahwa kisaran hiu Greenland yang ditemukan itu sekitar 400 tahun.

Usia hiu ini mengalahkan rekor ikan tertua sebelumnya yang dipegang oleh paus kepala busur dengan pekiraan usia 211 tahun.

Dari hasil penelitian menggunakan penanggalan radiokarbon, para peneliti dari Universitas Copenhagen ini dapat meneliti lebih jauh lagi tentang kehidupan hiu tertua di dunia ini agar bisa hidup sedemikian lama.

Seperti misalnya apa saja yang dilakukannya sehingga dapat hidup sangat lama atau faktor apa saja yang dapat menunjang kehidupannya sehingga bisa terus hidup sampai saat ini.

Dari hasil penelitian dengan menggunakan penanggalan radiokarbon ini, peneliti dapat mengetahui bahwa hiu tersebut dilahirkan sekitar tahun 1501 sampai dengan 1744. Atau yang jelas, hiu tertua di dunia ini lahir pada abad ke 17.

Hiu yang ditemukan di Greenland ini adalah hiu yang memiliki panjang tubuh sekitar 5 meter dan hidup secara lambat dan santai. Sehingga dapat diperkirakan bahwa hiu ini hanya tumbuh 1 centimeter disetiap tahunnya.

Dan mungkin karena faktor dari hidup dengan santai serta pertumbuhannya yang memakan waktu cukup lama yang menjadikan hiu ini dapat hidup sangat lama.

Dikutip dari bbc.com, Julius Nielsen, sorang peneliti sekaligus penulis utama dari tulisan yang mempublikasikan hasil penelitian ini pernah mengatakan bahwa semua orang (peneliti) sangat terkejut saat pertama kali berhadapan dengan hiu ini.

Karena hiu ini seperti termasuk hewan yang luar biasa. Namun walaupun sudah terhitung sebagai ikan dengan usia panjang, jika dilihat secara umum didalam dunia hewan, terdapat hewan lain yang usianya sudah jauh melebihi hiu dari Greenland itu.

Hewan ini diperkirakan sudah berusia lebih dari 500 tahun dan termasuk hewan invertebrata bernama Ming yang merupakan seekor kerang.

Baca Juga : Wawancara Kerja Paling Sulit Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *