Ini Dia Mikroba Yang Bisa Hidup Di Planet Mars

Mikroba Yang Hidup Di Planet Mars – Penelitian tentang apakah adanya kehidupan atau tidak planet lain selain bumi memang masih terjadi.

Hingga saat ini pun masih banyak para peneliti yang menggali informasi apakah adanya makhluk hidup yang tinggal di planet lain seperti di planet Mars.

Saat ini beberapa peneliti sudah berhasil melakukan eksperimen terkait dengan mikroba yang mampu bertahan hidup di planet merah ini.

Dengan adanya informasi mengenai bahwa banyak bahan metana di bumi yang berasal dari organisme hidup lainnya.

Sebab itulah para peneliti yakin akan adanya mikroba yang hidup di planet mars tersebut.

Baca Juga : Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Indra Ke 6

Jika ingin melakukan penelitian maka para peneliti mencoba atau bereksperimen dengan menghidupkan mikroba di sebuah tabung yang sudah di lapisi dengan cairan yang mewakili cairan dari planet mars tersebut.

Agar dapat melihat apakah mikroba itu bisa bertahan atau tidak dengan kondisi serupa di planet tersebut.

Selain itu para peneliti juga meniru suasana atmosfer yang ada di planet merah tersebut yang memiliki suhu atau tekanan rendah pada masing-masing tabung yang berisi mikroba.

Suhu yang digunakan pun juga meniru suhu planet mars tersebut, yaitu pada titik suhu beku.

Setelah para peneliti melakukan eksperimen selama setahun dengan menkontrol kondisi mikroba dengan empat spesies yang berbeda peneleti menemukan kondisi semua spesies tetap masih bertahan hidup masing-masing diantara spesies bisa bertahan hidup walaupun di kondisi yang esktrim yaitu selama 21 hari.

Keberhasilan ini menjadi patokan kemungkinan adanya kehidupan di planet mars. Namun tak hilang kemungkinan gas metana berasal dari proses gunung merapi.

Metanogen meupakan mikroba yang mampu bertahan hidup di dalam kondisi planet mars.

Sebab mikroba inilah yng diambil dari ternak usus sapi yang kemudian di teliti selama setahun oleh peeliti dengan suhu yang serupa. Selain mikroba peneliti menemukan air di planet mars, namun sangat di sayangkan tim NASA tidak mendapatkan izin untuk menjelajah bagian-bagian lain yang terdapat di planet mars.

Ditakutkan adanya mikroba yang terbawa dari mars menempel pada bagian tubuh manusia atau robot.

Sehingga para tim peneliti tidak dapat meneliti secara lengkap karena keterbatasan lokasi juga.

Nah dari penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa mikroba atau bakteria dapat hidup di planet mars jika di letakan atau disimpan di bwah permukaan tanah planet mars agar tidak terpapar langsung dengan cahaya ultraviolet.

Metanogen ini tidak memerlukan oksigen sebab ia dapat menghasilkan gas sendiri dari perkembang biakan metanogen tersebut.

Itulah beberapa mikroba yang dapat hidup di planet mars, yang memang tidak secara langsung menemukan bakteri atau mikriba tersebut melainkan dengan penelitian yang dilakukan di bumi.

Dengan memberikan suasana atmosfer yang sama dengan planet mars. Perihal apakah manusia dapat hidup di sana atau tidak?, para peneliti belum dapat memastikan secara pasti.

Karena peneliti atau robot saja tidak diizinkan untuk ke planet mars sebab ditakutkan adanya mikroba yang menempel dan berbahaya bagi para astronot dan robot.

Peneliti masih menunggu hingga 2030 untuk memberangkatkan manusia ke planet mars dan memastikan seberapa lama ia dapat bertahan hidup di sana dengan berbagai bekal yang ia bawa dari bumi ke sana.

Semoga tulisan ini dapat menjadi ilmu tambahan mengenai makhluk hidup yang dapat bertahan hidup di planet mars. Atau sesuai dengan judul tulisan ini yaitu “Mikroba yang Dapat Bertahan Hidup di Planet Mars”.

Baca Juga : 5 Games Paling Sadis di Dunia

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *