Kecelakaan-Kecelakaan Yang Memiliki Jumlah Korban Paling Besar Di Dunia

Kecelakaan Dengan Korban Paling Besar Di Dunia – Kecelakaan adalah suatu hal yang sangat paling diantisipasi oleh seluruh umat manusia yang berada di dunia ini.

Selain dapat menimbulkan hal-hal buruk, kecelakaan juga mempunyai sifat “domino” yang mampu memberikan dampak terhadap seluruh aspek.

Maka dari itu tidaklah heran jika banyak orang yang berjaga-jaga agar kecelakaan tidak sampai terjadi pada mereka.

Meskipun sudah diantisipasi sedemikian rupa, pasti masih ada beberapa kecelakaan yang terjadi sehingga dapat mengakibatkan hilangnya nyawa serta kerugian yang jumlahnya cukup besar.

Akan tetapi, apa jadinya apabila kejadian besar yang terjadi?

Dapat dipastikan bahwa akan terjadi kekacauan dimana-mana akibat jumlah nyawa yang melayang dapat menyentuh angka ratusan bahkan hingga ribuan, serta kerugian materil yang sangat dahsyat.

Nah, apa saja kecelakaan-kecelakaan yang dapat mengakibatkan kekacauan seperti itu?

Berikut akan dipaparkan kecelakaan-kecelakaan yang memiliki jumlah korban paling besar di dunia :

Titanic

Titanic merupakan kapal pesiar terbesar dan termewah  pada jamannya dan menjadi tolak ukur para pengembang kapal pesiar di masa kini.

Baca Juga : Hatshepsut : Firaun Wanita Pertama di Dunia

Merekapun terkagum-kagum akan kehebatan serta kecanggihan teknologi yang digunakan oleh kapal pesiar tersebut sehingga banyak orang pada tahun 1912 yang sering menganggap kapal pesiar Titanic tersebut tidak dapat tenggelam.

Ternyata anggapan tersebut salah. Kapal titanic tenggelam hanya dalam waktu kurang dari 2 jam saja, setelah  menabrak gunung es yang berada di samudera Atlantik di tanggal 14 April 1912.

Kejadian ini telah mengakibatkan hilangnya kurang lebih 1517 orang nyawa para penumpang serta mengacaukan perekonomian di Amerika dan Inggris.

Hal tersebut dikarenakan banyak pemegang saham serta orang-orang kaya yang mempunyai perusahaan besar untuk menopang negara Inggris ikut di dalam kapal tersebut dan menjadi korban.

Selain itu, karena tenggelamna kapal Titanic tersebut, hampir kurang lebih 1000 keluarga di Southampton terkena dampaknya, yaitu hampir setiap jalan di daerah Chapel kota itu kehilangan lebih dari satu penduduk dan hampir kurang lebih 500 rumah kehilangan pemiliknya.

Union Carbide

Pabrik pestisida yang terletak di Madya Pradesh, India tersebut menjadi salah satu pabrik penghasil pestisida terbesar yang ada di negaranya.

Baca Juga : Kecelakaan Mengerikan Saat Pembuatan Film

Kurang lebih sekitar ratusan ton gas diproduksi agar dapat menghasilkan pestisida setiap harinya, akan tetapi tanggal 3 Desember 1984 semua keadaan tersebut berubah.

Awalnya, pabrik ini berfungsi untuk membantu manusia dalam menyediakan cairan kimia dengan manfaat besar.

Ternyata, pabrik ini menjadi mesin pembunuh bagi semua orang yang ada di dekatnya karena 40 metrik ton gas beracun methyl isosianat (MIC) lepas melambung ke udara serta membetuk lapisan awan yang menghantarkan udara yang berisikan gas MIC.

Akibatnya, hanya dalam waktu kurang dari 3 hari sebanyak 15000 orang tewas, sedangkan 100.000 orang lainnya terjangkit puluhan penyakit kronis seperti cacat lahir, masalah neurologis, masalah pernafasan kronis, kerusakan jantung serta penurunan sistem kekebalan tubuh.

Chernobyl

Kecelakaan ini terjadi di Chernobyl, tepatnya pada tanggal 26 April 1986 telah menjadi peringkat pertama kecelakaan terburuk serta terbesar selama sejarah kecelakaan dunia.

Kecelakaan tersebut menyebabkan bahaya radiasi radioaktif terbawa oleh angkin ke seluruh penjuru kota yang berdekatan dengan tempat kejadian.

Chernobyl merupakan suatu daerah yang didalamnya ada PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), yang bekerja untuk memasok pemakaian listrik yang ada di seluruh dataran Ukraina.

Dikarenakan adanya kesalahan dalam prosedur keamanan di reactor 4, tekanan berlebih sehingga menghempaskan peralatan reactor hingga serpihn gedung yang setinggi 1 km ini ke angkasa, berikut dengan lepasnya sekitar 5,4 ton radioisotope menuju Belarus.

Hal ini menyebabkan sekitar 336.000 penduduk sekitar wilayah Chernobyl diungsikan tanpa diberitahu penyebab sebenarnya yang terjadi.

Baca Juga : Kutipan-Kutipan Puisi Sapardi Djoko Damono Paling Menggugah Relung Hati

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *