Kisah dan Sejarah dibalik Film Tom and Jerry

Kisah dan Sejarah dibalik Film Tom and Jerry – Anda suka menonton animasi? Kita semua pasti pernah mengalami masa kanak-kanak, dan sewaktu kanak-kanak pasti sering menonton film kartun.

Film kartun atau animasi sendiri banyak jenisnya, mulai dari yang 2 dimensi, 3 dimensi, dan berbagai jenis karakter.

Ada karakter manusia, ada juga karakter fiktif seperti binatang, atau makhluk lainnya. Namun, kartun atau animasi sendiri dibuat dengan sistem motion, ilusi dan pergantian pergerakan.

Baca Juga : Misteri Museum Kematian di Thailand

Ada kesenangan sendiri ketika menonton kartun, salah satunya adalah pikiran yang tidak terlalu terbebani (berbeda dengan film-film real yang plot nya rumit, membutuhkan pengamatan lebih untuk mendalami cerita), latar yang warna-warni dan karakter yang sederhana, meskipun ada juga film-film kartun animasi yang bertema dewasa.

Film kartun animasi sendiri juga dibuat pertama kali dengan model klip gambar, pada 1868 oleh John Barness Linnet.

Kemudian dikembangkan model proyektor yang bisa memantulkan hasil gambar, dan pada awal abad ke 20, film kartun animasi pertama dibuat di Prancis, oleh Charles-Emile Reynaud.

Film kartun dengan judul Pauvre Pierrot itu berdurasi 15 menit, dengan tampilan 500 gambar, dengan teknik perforasi.

Setelah pemutaran film animasi pertama, animasi berkembang sampai muncul studio film animasi seperti Hanna and Barbera. Walt Disney Animation Studio, dan masih banyak.

Lalu kalau bicara mengenai kartun, film kartun yang satu ini pasti tidak akan hilang dari ingatan. Ya, Tom and Jerry.

Generasi 80an ke atas pasti tahu dan pernah menonton, atau bahkan senang menonton Tom and Jerry.

Film dengan tema kejar-kejaran antara Tom si kucing dan Jerry si tikus, tentunya menghadirkan nuansa lucu dan ringan untuk ditonton.

Dengan suasana yang fiktif, dan karakter yang seolah-olah segar terus.

Tahukah kamu sejarah di balik film Tom and Jerry? Berikut kisah dan sejarah di balik Tom and Jerry.

  1. Film Tom and Jerry dibuat pada 1940, oleh William Hanna dan Joseph Barbera, di bawah studio Metro-Goldwyn-Mayer (pasti hafal maskot singa yang mengaum-aum sebelum dan sesudah film dimulai. Ada sekitar 114 judul film Tom and Jerry yang dibuat pada waktu itu, sampai akhirnya Metro-Goldwyn-Mayer ditutup pada 1958, dan akhirnya produksi dialihkan ke Rembrandts Film. Studi Hanna Barbera juga terkenal dengan film kartun terkenal lain seperti Scooby Doo dan The Smurfs.
  2. Sejak pertama kali dibuat, film ini melakukan banyak perkembangan dan perubahan, seperti Tom and Jerry Comedy Show pada 1980-1982, Tom and Jerry Kids pada 1993, Tom and Jerry Tales 2006-2008, The Tom and Jerry Show (2014-sekarang)
  3. Nama Tom dan Jerry dibuat oleh John Carr, melalui sayembara penamaan tokoh karakter film kartun, dengan hadiah $ 50. Tom sempat dinamakan Jasper, dan Jerry dengan sebutan Czerry dan Jinx. Nama itu mengalami perubahan seiring perubahan tempat dan penyesuaian.
  4. Pada 1975, Tom dan Jerry akhirnya berteman! Dengan plot rivalitas dan permusuhan, Tom and Jerry selalu menyuguhkan perkelahian, dan kita selalu tahu siapa yang lebih menang banyak. Namun ada satu episode yang akhirnya mendamaikan Ton and Jerry. Film ini mengajarkan banyak hal, bahwa rivalitas secara sehat itu baik, namun tidak boleh curang. Dan pertemanan itu lebih indah. Tidak pernah diceritakan Jerry dimakan oleh Tom, meskipun Tom addalah seekor kucing yang harusnya bisa memakan tikus.
  5. Film Tom and Jerry memenangkan tujuh (7) piala Oskar.

Bagaimana, menarik bukan? Itu tadi kisah dan sejarah dibalik film Tom and Jerry.

Baca Juga : Fakta perang Vietnam yang menyebabkan Amerika Serikat Kalah

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *