Kisah Pelarian Diri Yang Tercatat Dalam Sejarah Di Dunia

Kisah Pelarian Diri Yang Tercatat Dalam Sejarah Di Dunia – Kabur dari penjara bukan hanya terjadi dalam film-film saja, melainkan dalam dunia nyata juga pernah terjadi.

Beberapa kisah pelarian diri yang tercatat dalam sejarah di dunia berikut adalah sebuah kisah pelarian diri yang nyata dan benar-benar terjadi.

Bahkan salah satu dari tiga kisah ini menjadi kisah inspirasi dan diangkat dalam senuah film. Berikut 3 kisah pelarian diri yang tercatat dalam sejarah dunia;

The Maze Prison Escape

Pelarian diri yang pertama dan tercatat dalam sejarah dunia terjadi pada tahun 1983, pelarian tersebut dilakukan oleh 35 orang napi setelah melakukan penyerangan serta pengambilan alih kendali penjara The Maze menggunakan kekerasan.

Baca Juga : Tempat dan Taman Hiburan Paling Parah dan Terburuk yang Pernah Ada Di Dunia

Padahal penjara The Maze tercatat sebagai salah satu dari tujuh penjara yang paling susah ditembus di benua Eropa.

Akan tetapi, sekelompok tahanan yang sudah merencankan pelarian diri berbulan-bulan mampu mengambil alih kendali penjara tersebut menggunakan kekerasan. Kelompok tersebut dipimpin oleh dua anggota IRA yang paling ditakuti di penjara The Maze yaitu Gerry Kelly dan Bobby Store.

Dengan perencanaan dan koordinasi yang baik, akhirnya semua napi tersebut mampu mengendalikan seluruh wilayah penjara menggunakan senjata yang sudah di selundupkan ke penjara The Maze.

Setelah mengendalikan seluruh wilayah penjara, napi tersebut berusaha untuk melewati pintu utama penjara.

Akan tetapi, karena pintu utama dijaga oleh polisi dan tentara. Akhirnya para tahanan tersebut memilih untuk melompati pagar dan melarikan diri dengan berjalan kaki.

Hasil laporan kepala penjara The Waze menyebutkan 35 orang berhasil melarikan diri dan 16 diantaranya berhasil ditangkap dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Escape From Alcatraz

Pelarian diri yang kedua yang tercatat dalam sejarah dunia terjadi pada tahun 1962 yang dilakukan oleh Frank Morris, Clarence, dan John Anglin.

Mereka bertiga merencanakan pelarian diri selama berbulan-bulan dari penjara Prototipikal yang terkenal di Pulau Alcatraz, San Fransisco.

Penjara tersebut dirancang dan digunakan sebagai rumah tahanan bagi penjahat-penjahat kelas berat serta dianggap sebagai penjara dengan keamanan super ketat.

Ketiga orang tersebut melarikan diri dengan cara menggali tanah hingga pantai, selanjutnya mereka dengan cepat membuat rakit dan berlayar menuju ke San Fransisco Bay.

Penjaga penjara baru menyadari jika ketiganya melarikan diri keesokan harinya, sebab para penjaga terkecoh dengan taktik yang digunakan ketiga orang tersebut yaitu memanfaatkan orang-orangan agar terlihat sedang tidur di atas ranjang.

Dieter Dengler’s Prison Camp Escape

Degler adalah seorang pilot angkatan laut Amerika yang terkenal karena mampu melarikan diri dari kamp penjara hutan selama terjadinya perang di Vietnam.

Awal tahun 1966, pesawat yang di dipiloti Dengler ditembak jatuh oleh pesawat musuh di wilayah Laos.

Ia berhasil lolos meski pesawatnya jatuh dan terbakar, namun ketika akan bersembunyi Dengler ditangkap dan dibawa ke penjara hutan oleh pemberontak Vietnam Utara. Pada tanggal 29 Juni 1966.

Setelah berhasil melumpuhkan tiga penjaga, ia dan enam tahanan lainnya berhasil melarikan diri dari penjara hutan menuju ke hutan yang sangat lebat.

Disana mereka harus bertahan dari hewan-hewan hutan seperti hewan buas, serangga, hingga reptile liar dan akhirnya ditemukan oleh helicopter penyelamat Amerika.

Dari ketujuh orang tersebut, hanya Dengler dan seorang kontraktor asal Thailand saja yang selamat. Sedangkan, tahanan yang lainnya hilang dan tewas di dalam hutan.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Unik tentang Kucing Berwarna Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *