Misteri Jembatan Panus Depok, Usianya Sudah 100 Tahun

wowaneh.com – Ada yang tahu atau pernah mendengar Jembatan Panus?

Mungkin sebagian dari kita lebih familiar dengan Jembatan Semanggi yang ada di Jakarta, atau Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura, atau Jembatan Pasupati yang ada di Bandung barangkali?

Jembatan Panus terletak di antara kota Depok dan Bogor. Jembatan ini panjangnya hanya sekitar 100 meter.

Jembatan ini dibuat pada zaman kolonial Belanda, yaitu pada tahun  1917-1918, oleh seorang perancang bangunan yang bernama Stevanus Leander.

Kalau dihitung-hitung, usianya sudah mencapai 100 tahun. Jembatan ini cukup kokoh karena dibuat dengan bahan-bahan yang baik, meskipun pernah dikabarkan hampir ambruk.

Mungkin itu juga yang menjadi sejarah asal kata “Panus”. Di bawah jembatan Panus melintas Sungai Ciliwung, yang pernah dikabarkan pasang.

Nah lalu apa yang menarik dari Jembatan Panus?

Ternyata jembatan ini menyimpan cerita mistis. Warga setempat meyakini jembatan ini dihantui oleh sosok Stevanus Leander yang sudah meninggal, karena bunuh diri.

Baca juga : Misteri Kerajaan yang Terkubur Letusan Gunung Api Tambora

Hal ini didukung dengan pernyataan dari warga yang katanya pernah melihat sosok hantu Stevanus Leander.

Darimana kita tahu bahwa hantu itu adalah Stevanus Leander? Konon katanya sosok hantu itu identik dengan Stevanus Leander yang suka membawa jalan-jalan anjingnya.

Santer terdengar juga warga setempat merasa sosok ini sering memanggil-manggil pengemudi yang melintasi jembatan Panus di tengah malam. Karena itu jembatan Panus sering dijadikan tempat wisata “mistis” oleh orang-orang yang

penasaran dengan sejarah dan cerita di balik Jembatan Panus.

Selain acara Percaya Ngga Percaya, Buanergis Muryono yang merupakan budayawan pendiri Sanggar Mariska pernah memandu acara penelusuran Jembatan Panus.

Melalui penelusuran di salah satu acara televisi di Indonesia, Buanergis mencari tahu kebenaran penunggu Jembatan Panus.

Konon katanya Jembatan Panus juga ditunggu oleh sesosok wanita cantik, yang warga setempat curigai juga sebagai sosok istri dari Stevanus Lander.

Benarkah sosok hantu perempuan itu adalah istri dari Stevanus Leander?

Melalui salah satu situs terkenal Okezone, cucu dari Stevanus Leander yaitu Willy Leander bercerita bahwa tanah di sekitar Jembatan Panus merupakan daerah keramat, dan tidak akan dijual.

Ternyata Stevanus Leander bukanlah seorang Belanda, tetapi merupakan keturunan asli Betawi-Depok, yang mendapatkan tanah  untuk berladang beserta dengan 11 orang lainnya.

Baca Juga : Misteri Inti Bumi Yang Saat Ini Belum Terpecahkan

Nah, untuk sosok wanita cantik, Willy bercerita bahwa sekitar tahun 50an ada seorang perempuan yang bernama Eti, yang meninggal bunuh diri karena patah hati.

Namun warga meyakini Eti adalah sosok hantu yang baik hati.

Eti dikabarkan pernah menolong seorang perempuan yang pernah mau diperkosa, dengan memberikan bisikan untuk melompat ke sungai Ciliwung pada tahun 1980an.

Karena mendengar bisikan itu, perempuan yang hampir diperkosa melompat ke sungai dan akhirnya terdampar di salah satu rumah penduduk.

Ada cerita lain juga di balik Jembatan Panus. Konon katanya Jembatan ini juga pernah dijadikan tempat pembuangan mayat oleh pembunuh.

Namanya tempat pembuangan mayat, mungkin arwahnya tidak tenang dan dipercaya bergentayangan di sekitar Jembatan Panus.

Karena itu juga Jembatan Panus diyakini sering dijadikan tempat pesugihan oleh para penyembah setan.

Ada kepercayaan unik juga di Jembatan Panus. Setiap pengendara yang lewat harus menyalakan klakson sebelum melintasi Jembatan Panus.

Untuk apa?

Bukan untuk menghindari kendaraan atau memberikan sinyal kepada kendaraan lain, tetapi untuk meminta izin kepada penunggu jembatan Panus.

Sering terdengar cerita, kalau melintasi jembatan Panus ada sesosok orang yang menumpang di kendaraan.

Siapakah atau sosok apakah itu? Entahlah, masih menjadi misteri sampai hari ini.

Baca Juga : 4 Tempat dan Area Paling Horor Di Jepang

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *