Nama Virus Komputer yang Pernah Menghebohkan Dunia

Virus Komputer yang Menghebohkan Dunia – Komputer dan jaringan internet memang sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang di dunia ini, baik anak muda hingga orang dewasa.

Semua kalangan menggunakan perangkat online tersebut, entah itu untuk memudahkan pekerjaan mereka atau hanya untuk mencari hiburan semata.

Akan tetapi, komputer yang berguna akan berubah menjadi sangat merugikan karena beberapa hal, salah satunya jika komputer tersebut terkena virus. Adapun tingkat bahaya dari masing-masing virus yang dapat menyerang komputer pun berbe

da-beda, dan beberapa virus komputer di bawah ini merupakan virus yang pernah menghebohkan dunia.

Virus Ransomware Wannacry

Virus komputer yang baru-baru ini menghebohkan dunia adalah Ransomware wannacry.

Virus ini sangat berbahaya karena tak hanya dapat mengunci komputer korbannya, virus ransomware wannacry juga dapat mengencrypt semua file yang ada di komputer korbannya sehingga file-file tersebut tidak bisa dibuka lagi.

Baca Juga : Keajaiban Paling Menakutkan di Dunia

Virus ini juga menghebohkan dunia karena telah berhasil menyebar dan menyerang ke banyak negara, bahkan hingga lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.

Beruntung, beberapa waktu lalu virus ini dapat ditaklukan oleh seorang hacker hebat yang masih muda.

Virus Brontok

Virus selanjutnya yang juga telah membuat dunia heboh yaitu virus Bontok.

Virus ini sempat menjadi buah bibir di banyak negara pada tahun 2005 karena berhasil memanipulasi ikon folder windows explorer di komputer para korbannya.

Virus yang memiliki nama lain Rontokbro atau W32 ini menggunakan sidik jari, Cyclic Redundancy Check 32-bit, dan tanda yang tak hanya satu.

Stuxnet

Selanjutnya, jenis virus Stuxnet juga pernah menjadi salah satu virus yang menyerang komputer yang juga berhasil membuat dunia heboh membicarakannya.

Virus ini disebut-sebut dibuat dengan tujuan awal untuk membobol serta menyerang semua fasilitas nuklir milik negara Iran.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Mula Perjalanan Chairul Tanjung

Namun, virus ini justru menyebar ke banyak perangkat komputer yang akhirnya menyebabkan terjadi perang siber.

Penyebaran virus stuxnet terjadi pada pertengahan tahun 2010 yang lalu.

Virus Conficker

Jenis virus ke empat yang menyerang perangkat komputer adalah virus Conficker. Virus ini pernah membuat dunia heboh pada tahun 2008, tepatnya di bulan Oktober.

Virus conficker konon telah berhasil menyabotase lebih dari 9 juta perangkat komputer di seluruh dunia. Virus ini sendiri dapat menyebar melalui sistem operasi Microsoft Windows.

Virus I Love You

Tidak seperti namanya yang terkesan romantis dan sangat manis, virus yang menyerang perangkat komputer yang satu ini justru menjadi salah satu virus komputer yang berbahaya dan berhasil membuat dunia geger.

Pada tahun 2000 lalu, virus i love you memulai penyebarannya melalui email yang pada tahun tersebut menjadi primadona bagi banyak orang untuk berkomunikasi.

Setiap orang yang menerima email bersubjek i love you akan langsung terserang virus ini setelah membuka email tersebut.

Virus I Love You berbahaya karena dapat mencuri password dan menyerang database sistem komputer korban yang dikenainya.

Virus yang satu ini juga telah menyerang kurang lebih lima ratus ribu perangkat komputer di seluruh dunia.

Itulah 5 virus komputer yang pernah menyerang banyak sekali perangkat komputer di dunia dan membuatnya menjadi virus yang sangat ditakuti.

Untuk Anda sendiri tidak perlu takut karena sudah ditemukan penawar untuk semua virus tersebut.

Akan tetapi, Anda juga tetap harus berhati-hati dan melakukan pengamanan pada perangkat komputer Anda karena kemungkinan munculnya virus-virus berbahaya yang lain juga tidak kecil.

Baca Juga : Perampokan Paling Besar yang Pernah Ada dalam Sejarah

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *