Negara Yang Pernah Ada Namun Hilang Dalam Peta Dunia

Negara Yang Pernah Ada Namun Hilang Dalam Peta Dunia – Keberadaan suatu Negara bisa diakui secara syah oleh dua indicator yaitu secara the Jure dan the pacto, artinya Negara itu ada karena ada pengakuan international dan secara legal ada pakta bahwa Negara itu ada.

Namun seiring perkembangan jaman, banyak masalah di  belahan dunia ini terjadi, Mulai dari bencana yang bisa memporakporandakan suatu pulau, peperangan yang bisa membumihanguskan suatu Negara dan adanya kolonialisme yang bisa mengakhiri kedaulatan suatu Negara.

Beberapa Negara yang pernah ada tapi hilang dipeta dunia :

Patani

Patani adalah Negara yang ada dia Asia, masa kejayaanya yaitu ketika ketika abad keenam belas sampai abad ketujuh belas yaitu sekitar tahun 1584-1650, sekitar 76 tahun kejayaannya, seiring perkembangannya pati mulai runtuh karena peperangan dengan Negara siam dank arena tidak ada raja yang bisa membawa patanai kemasa kejayaan.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Unik tentang Kucing Berwarna Hitam

ketika peperangan tahun 1785 patani jatuh ketangan siam secara total. Siam dan patani, sekarang menjadi Negara Thailand.

Duniapun sudah melupakan patani sebagai suatu Negara, karena sudah tidak terpisahkan dengan Thailand, walau sebagian rakyat disana merasa terjajah oleh pemerintah Thailand.

Tibet

Kita pasti tidak asing dengan wilayah bernama Tibet, terlebih dengan dataran tinggi Qinghai yang memberikan pemandangan indah.

Ditinjau dari sejarah geografis, Tibet selalu dipandang sebagai kawasan tertutup yang mandiri. Ternyata wilayah ini  dahulunya adalah sebuah negara,  namun pada tahun 1951 Tibet diduduki wilayah komunis China.

Pasukan Mao telah mengakhiri Tibet sebagai bangsa yang berdaulat pada tahun 1959 terjadi pembubaran pemerintahan Tibet.

Pemerintah China kemudian mengubahnya menjadi sebuah wilayah dan bukan negara. Hingga saat ini Tibet masih memiliki masalah dengan Beijing dan menuntut kemerdekaan sekali lagi.

Jerman Timur

Jerman Timur adalah Negara yang exsis pada 1949-1990, secara real jerman timur adalah Negara Jerman  itu sendiri, dinamakan Jerman Timur karena bagian jerman lagi yaitu jerman barat.

Kedua Negara ini asalnya terpisahkan karena perbedaan ideology, Jerman Timur meupakan Negara yang menganut paham komunis  karena Negara ini dikendalikan oleh Unisoviet dan Jerman Barat merupakan Negara yang menganut paham dekmokrasi.

Dahulu kedua Negara ini dipisahkan oleh tembok berlin yang konon apabila ada yang melewati perbatasan akan ditembak mati ditempat.

Namun karena ada Revolusi damai 1998/1990 negara ini memutuskan untuk bergabung dengan Jerman Barat pada 3 Oktober 1990.

Itulah ketiga Negara yang sudah tidak kita temukann lagi dalam peta dunia sebagai Negara yang mempunyai konstitusi.

Baca Juga : Kisah Pelarian Diri Yang Tercatat Dalam Sejarah Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *