Pembalap F1 Paling Terkenal dan Namanya Abadi Sepanjang Sejarah

Pembalap F1 Paling Terkenal dan namanya Abadi Sepanjang SejarahWOWaneh.com – kawan-kawan pasti kalian senangkan nonton balapan? Baik nonton balapan motor GP ataupun nonton balapan mobil F1, baik secara langsung maupun tak langsung.

Diantara pembalap tersebut pasti ada saja pembalap yang kalian senangi dan kalian andalkan bukan? Dan biasanya pembalap andalan kalian adalah salah satu pembalap yang terkenal kan?

Nah disini kita akan membahas siapa saja pembalap F1 yang paling terkenal sepanjang sejarah. Seperti yang kalian ketahui yang namanya pembalap apalagi pembalap f1 itu harus memerlukan banyak usaha baik dalam pengembangan serta inovasi teknologi mesin mobil yang dipakai dan perawatan mobil itu sendiri, itu semua dilakukan agar mereka bisa menjadi salah satu pembalap yang Berjaya dan berhasil.

Perlu kalian ketahui bahwa semua hal itu juga memerlukan dana yang cukup besar agar bisa terlaksana dengan baik.

Tapi ada hal lain yang juga mempenbgaruhi balapan nanti, yaitu keahlian sang pembalap itu sendiri karena walaupun mobil yanbg dipakai adalah mobil yang paling bagus sekalipun jika mengendarainya adalah orang yang tidak terlalu ahli maka sangat sulit untuk sang pembalap bisa memenangkan balapan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa pembalap yang namanya terkenal sepanjang sejarah karena kemampuan dan prestasi yang mereka dapati:

Jack Brabham (Australia – Inggris)

f1

Salah satu pembalap yang termasuk dalam jajaran pembalap f1 paling terkenal dan namanya selalu diingat penggemar adalah seorang pembalap yang berasal dari Negara Australia yang bernama jack brabham.

Sebelum menjadi seorang pembalap f1 jack dulunya adalah seorang mekanik di angkatan udara Australia selama perang dunia II.

Kemudian setelah dia keluar dari angkatan udara tersebut, ia mulai membuka sebuah bengkel kecil dan kemudian memulai karir pembalapnya di sebuah ajang mobil mini.

Karena keinginannnya untuk mengembangkan karir balapnya, ia pun mulai bermigrasi ke inggris dan ternyata di inggris ia berhasil mendapat tempat di ajang f1.

Selama menjadi pembalap f1, ia telah berhasil mendapat 14 kali kemenangan dan 31 kali naik ke podium dari 128 balapan yang telah ia ikuti.

Tapi dari semua prestasi tersebut ada sebuah prestasi yang bisa dikatakan menjadi prestasi terbaiknya yaitu 3 kali juara dunia f1, yaitu pada tahun 1959, 1960, dan tahun 1966.

Nelson Piquet (Brazil)

f2

Ada seorang pembalap yang berasal dari Negara brazil yang masuk dalam salah satu jajaran pembalap f1 yang paling terkenal serta namanya selalu diingat dan dikenang oleh para penggemar f1 yaitu nelson piquet.

Dia lahir di kota rio de jeneiro, brazil, nelson adalah seorang putra dari salah satu politisi brazil pada saat itu. Ayah nelson pun bahkan pernah menjabat sebagai menteri kesehatan di brazil.

Sejak usia yang cukup muda (14 tahun) ia sudah mulai balapan, bahkan bakat nelson sendiri sudah mulai terlihat sejak di ajang balapan kart, walaupun pada saat itu ayah nelson sangat melarang anaknya untuk ikut dalam balapan.

Selama ia berkarir dalam dunia balapan f1 ia sudah mencatat 23 kali kemenangan dan sudah 60 kali ia naik podium dari 207 kali balapan yang ia ikuti.

Nelson juga pernah menjadi juara dunia f1 sebanyak 3 kali, tepatnya pada tahun 1981, 1983 dan yang terakhir pada tahun 1987.

Alberto Ascari (Italia)

f3

Salah satu pembalap yang termasuk dalam jajaran pembalap f1 paling terkenal dan namanya selalu diingat penggemar adalah seorang pembalap yang berasal dari Negara italia yang bernama alberto ascari.

Alberto ascari dilahirkan di salah satu kota yang cukup terkenal dinegara italia yaitu kota Milan. Dari kecil dia memang sudah kenal dan terbiasa dengan dunia balap karena ayah alberto adalah salah seorang pembalap papan atas di italia pada tahun tersebut, tepatnya than 1920an.

Tapi sungguh sayang ayahnya mengalami kecelakaan pada balapan grand prix prancis tahun 1925 dan kecelakaan tersebut merengut nyawa ayahnya.

Walaupun begitu semangat alberto untuk menjadi pembalap tidak hilang, bahkan dia bisa menjadi salah satu dari pembalap yang hebat.

Selama karirnya di dunia balap f1, dia telah mencatat 13 kali kemengan dan sudah 17 kali dia naik podium, semua itu dia dapat dari 33 kali balapan. Alberto bahkan bisa menjadi juara f1 sebanyak 2x bertur-turut yaitu pada tahun 1952 dan 1953.

Niki Lauda (Austria)

f4

Salah satu pembalap yang termasuk dalam jajaran pembalap f1 paling terkenal dan namanya selalu diingat penggemar adalah seorang pembalap yang berasal dari Negara austri, dia bernama niki lauda.

Niki dilahirkan di kota wina, Austria pada tahun 1949. Niki lauda berasal dari keluarga yang terpandang, bahkan keluarganya pun mempunyai beberapa bisnis dan keluarganya pun termasuk dalam jajaran orang kaya di negaranya.

Niki memulai balapan dengan mengikuti balap mobil mini, dan walaupun keluarga niki sangat menentang hal tersebut, dia tetap saja mendalami karisnya sebagai pembalap hingga ia pun bisa tapil di ajang formula1.

Selama dia menjadi pembalap f1 dia sudah banyak mendapat prestasi diantaranya dia sudah memenangi 25 kali balapan dan sudah naik podium sebanyak 54 kali dari 177 balapan yang telah ia ikuti. Setelah ia resmi pension sebagai pembalap f1, dia pun mengelola 2 perusahan penerbangan miliknya.

Sir Jackie Stewart (Skotlandia)

f7

Salah satu pembalap yang termasuk dalam jajaran pembalap f1 paling terkenal dan namanya selalu diingat penggemar adalah seorang pembalap yang berasal dari Negara skotlandia, ia bernama sir Jackie stewart. Jackie dilahirkan di kota Milton, skotlandia.

Dikatakan bahwa Jackie memang sudang terlahir sebagai seorang pembalap dan juga pencinta motorsport sejati, bahkan setelah ia pensiun pun ia malah menjadi seorang komentator dan mendirikan teamnya sendiri.

Baca Juga : Daftar Pemimpin Dunia Dengan Masa Jabatan Paling Panjang Yang Pernah Ada

Dia mendirikan team dengan cara bekerja sama dengan ford dan dia pun berhasil mendirikan team balap stewart grand prix, walaupun begitu yang membuat namanya terkenal dan menjadi besar seperti sekarang adalah saat dia masih menjadi seorang pembalap dahulu.

karir dari balapan jeckie bisa dibilang cukup sukses, dia telah mencatat 27 kali kemenangan dan sudah 43 kali naik podium dari 100 kali balapan yang telah ia ikuti.

Bahkan dia juga sudah pernah memegang juara dunia f1 sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1969, 1971, dan yang terakhir pada tahun 1973.

Jim Clark (Skotlandia)

f8

Salah satu pembalap yang termasuk dalam jajaran pembalap f1 paling terkenal dan namanya selalu diingat penggemar adalah seorang pembalap yang berasal dari Negara skotlandia yang bernama jim clark.

Jim memulai balapan pertama kalinya dengan mengikuti balap reli local dan dia mulai debut pertama kalinya di balapan f1 pada tahun 1961.

Sejak saat itulah dia dikatakan mendominasi  balapan pada eranya. Dengan cepat ia bisa menggapai juara dunia f1 yaitu ketika dia sudah dua tahun mendalami karirnya sebagai pembalap f1.

Tapi sungguh malang nasib dari jim karena setelah 8 tahun dari debutnya dia mengalami kecelakaan fatal yang bahkan merengut nyawa jim, kecelakaan tersebut terjadi di sirkuit hockenheim jerman.

Perlu kawan-kawan ketahui bahwa kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan pertama yang ia alami selama 8 tahun karirnya sebagai pembalap f1.

Sungguh sayang memang dia kehilangan nyawanya dalam kecelakaan tersebut, padahal karirnya sangat cemerlang karena selama dia menjadi pembalap f1 dia sudah memenangi 25 kali balapan dan 32 kali naik podium hanya dengan mengikuti 73 kali balapan. Dia pun berhasil menjadi juara dunia f1 sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 1963 dan tahun 1965.

Alain Prost (Prancis)

f9

Salah satu pembalap yang termasuk dalam jajaran pembalap f1 paling terkenal dan namanya selalu diingat penggemar adalah seorang pembalap yang berasal dari Negara prancis yang bernama alain prost.

Alain dilahirkan di kota saint-chamond loire, prancis dan sejaik usia 14 dia sudah mulai terjun ke dunia balap dengan mengikuti balapan kart.

Bakat alain sebagai pembalap sudah bisa dilihat sejak ia muda, sebagai buktinya ia sudah mendapatkan beberapa gelar juara kart ketika dia masih berumur belasan tahun.

Debut pertama kalinya di balapan f1 adalah pada tahun 1980 dan pada balapan pertamanya tersebut ia bahkan berhasil mendapat posisi finish ke enam, hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang luar biasa karena sungguh jarang seorang yang pertama kali melakukan balapan f1 bisa masuk dalam 10 besar.

Alain juga terkenal karena persaingan dirinya dengan ayrton senna yang bisa dikatakan cukup kontroversial, apalagi pada saat itu mereka berdua berada di dalam team yang sama.

Karir alain sebagai pembalap f1 pun bisa dikatakan cukup cemerlang, karena ia sudah memenagi 51 kali balapan dan sudah naik ke podium sebanyak 106 kali dari 202 kali balapan yang telah ia ikuti.

Alain bahkan bisa mendapat gelar juara dunia f1 sebantak 4 kali yaitu pada tahun 1985, 1986, 1989, dan terakhir pada tahun 1993.

Michael Schumacher (Jerman)

f10

Pembalap satu ini mungkin merupakan pembalap f1 yang paling terkenal dan paling hebat dari pembalap di daftar ini. Pembalap satu ini berasal dari Negara jerman, ia bernama Michael Schumacher. Ia lahir di kota hurth-hermulhem di jerman barat.

Dia berasal dari keluarga yang sederhana bahkan yahnya bekerja sebagai tukang batu. Walapun begitu dia sudah mengenal dunia balapan di usia yang sangat dini, pada usia 4 tahun dia mulai mengendarai kartnya pertama kali.

Beberapa tahun setelah itu pun ia bahkan sudah mengikuti berbagai balapan untuk usia dini dan dengan dukungan dari ayahnya yang berkorban dengan cara bekerja lembur sebagai tukang servis kart untuk membantu biaya balapan schumy.

Walaupun masalah biaya merupakan masalah utama  untuk karirnya, tapi itu semua teratasi dengan bantuan dana dari pengusaha local disana. Sehingga schumy pun bisa melanjuti karirnya sebagai pembalap muda.

Sejak pertama kali dia menapaki dunia f1 schumy sudah membuat banyak sensasi, selain dengan bakatnya yang luar biasa dia juga memiliki sensasi dengan sifatnya yang opurtunis, segala kesempatan akan ia manfaatkan agar ia bisa menjadi juara dan hasil yang ia dapat pun sungguh luar biasa.

Schumy bisa dikatakan merupakan orang yang paling sukses dalam dunia motorsport. Dia memegang banyak rekor sehingga bisa dipastika kalau sangat sulit untuk memecahkan rekornya dalam waktu yang lama sekalipun.

Beberapa rekor yang ia dapati adalah memegang juara dunia f1 sebanyak 7 kali,dan bahkan ia menjadi juara tersebut berturut-turut sebanyak 5 kali, dia juga memiliki kemenagan terbanyak dengan 91 kemenagan, jumlah fastest lap terbanyak 76 kali, pole position terbanyak 68 kali dan masih banyak lagi rekor yang ia dapatkan.

Jika di totalkan rekor yang ia dapati di f1 ada sekitar 31 rekor, hal ini merupakan suatu prestasi yang sangat sulit ditandingi.

Itulah beberapa pembalap f1 yang paling terkenal dan namanya  abadi sepanjang sejarah. Walaupun begitu mungkin masih ada lagi beberapa pembalap f1 yang tidak saya sebutkan di atas yang sebenarnya pantas termasuk dalam daftar ini.

Mungkin jika berkenan kawan-kawan boleh manambahkan nama pembalap f1 yang lain di kolom komentar.

Baca Juga : Kota Berikut Ini Jangan Anda Kunjungi Karena Paling Berbahaya dan Mematikan

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *