Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Bol – Buah yang satu ini selain memiliki cita rasa buah yang lezat juga diketahui berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Seperti apakah manfaat bagi tubuh yang memerlukan asupan nutrisi dari sayuran maupun buah – buahan salah satu contohnya adalah buah meja jambu bol ini ? Yang jelas bisa untuk memberikan kontribusi bagi anda yang ingin mengetahui dan hidup sehat ala orang – orang zaman dahulu yang gemar mengkonsumsi sayur dan buah – buahan segar. Jambu bol adalah salah satu buah langka yang wajib untuk anda konsumsi dalam bentuk dan cara apapun karena banyak mengandung zat – zat kimia bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh anda.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Jambu bol / jambu kepal / jambu dersono / jambu jamaika / jambu merah adalah pohon buah dari kerabat jambu – jambuan. Memiliki tekstur daging lebih lembut dan berserat serta lebih padat dibandingkan dengan jambu air.

Tidak begitu jelas mengapa diberi nama bol (Bahasa Melayu) atau bool (dalam Bahasa Sunda) yang berarti pantat, ada nama – nama daerah lainnya yang menyertai nama jambu ini antara lain : di Minangkabau dikenal dengan nama jambu bo atau jambu jambak, di Sunda disebut jambu bool, di Bali dikenal dengan nama nyambu bol, di Makasar dikenal dengan nama jambu bolo, dan lain sebagainya.

Mengenal Klasifikasi Jambu Bol

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Tracheobionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Rosidae
  • Famili : Myrtaceae
  • Genus : Syzygium
  • Spesies : Syzygium Malacense (L) Merr & L.M Perry

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Anggrek

Mengenal Morfologi Tanaman Jambu Bol

Morfologi Akar Jambu Bol

Morfologi jambu bol memiliki akar yang bersifat akar tunggang dengan percabangan di dalamnya berukuran kecil – kecil yang mana akar tanaman mampu menembus tanah sedalam 5 s/d 10 m dan akar yang dimaksudkan berfungsi untuk menyerap unsur hara dan air.

Morfologi Batang Jambu Bol

Batang tanaman jambu bol berdiameter hingga 20 s/d 45 cm dan memiliki tekstur kasar dengan ketinggian batang tanaman jambu bol mampu mencapai 15 meter dengan percabangan rendah dan bertajuk rimbun.

Morfologi Daun Jambu Bol

Daun tanaman jambu bol memiliki warna hijau muda hingga tua tergantung dari usia daun itu sendiri. Posisi daun letaknya saling berhadapan memiliki tangkai pendek berkisar antara 1 s/d 1,5 cm berbentuk lonjong dengan dilengkapi daun berukuran besar, permukaan yang kasar serta terlihat agak menonjol dipermukaannya.

Morfologi Bunga Jambu Bol

Warna mahkota bunga jambu bol bermacam – macam tergantung dari jenisnya masing – masing yaitu ada yang berwarna merah, keunguan, dan jambon. Tumbuhnya terletak dibagian ranting – ranting yang tidak mempunyai titik – titik tumbuh daun, bertangkai pendek dan bergerombol yang mana masing – masing bunga memiliki benang sari yang sangat banyak berukuran panjang 3,5 cm.

Morfologi Pada Buah Jambu Bol

Buah tanaman jambu bol mempunyai warna dan bentuk yang beragam namun pada umumnya berwarna hijau ketika masih muda lalu setelah matang akan berwarna semburat putih dan merah muda. Bentuk buah bersangkutan mulai dari bulat hingga menjorong dengan daging buah bertekstur padat dengan rata – rata ketebalan antara 0,5 s/d 2.5 cm dan warna daging putih berserat bersih. Rasa daging buah jambu bol beragam mulai dari sepat, asam dan manis berair banyak. Di dalam buah jambu bol terdapat ruang yang berisikan biji buah jambu bol berjumlah satu dan berukuran cukup besar.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol, semoga bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *