Permainan Anak Zaman dahulu Yang Saat Ini Telah Hilang

Permainan Anak Zaman Dahulu Yang  Hilang – Setiap orang pasti pernah bermain. Setuju?

Permainan dilakukan, baik oleh anak kecil maupun orang dewasa. Permainan lebih banyak dilakukan oleh anak kecil.

Permainan sendiri merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan.

Permainan biasanya dilakukan sendiri atau berkelompok. Permainan biasanya dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan belajar.

Beberapa permainan tradisional juga dibuat untuk melestarikan kebudayaan.

Waktu kita kecil pasti sering bermaintentunya? Karena usia anak-anak adalah usia bermain. Apa saja fungsi dari bermain?

  1. Bermain melatih kecerdasan. Beberapa permainan seperti catur, kartu, marbles, melatih IQ kita. Permainan jaman sekarang juga mengedepankan anak untuk menjadi lebih kreatif, bisa memasak, bisa menata kota, meskipun secar virtual.
  2. Bermain bisa membangun interaksi kita dengan lingkungan sekitar. Seringkali dengan bermain, kita bisa menambah teman dan memperluas pergaulan.
  3. Bermain bisa membuat seseorang menemukan jati dirinya. Untuk beberapa permainan olahraga, beberapa orang ditantang untuk mencari tahu bakat yang ada di dalam dirinya. Tidak semua orang mahir di semua bidang. Game console seperti x-box dan playstation bisa melatih kecerdasan anak dan mengembangkan kreatifitas.
  4. Bermain bisa membuat seseorang lebih aktif (untuk permainan yang mengharuskan seseorang untuk bergerak).

Nah buat generasi 80 dan 90, pasti banyak jenis permainan yang pernah kita mainkan sewaktu kecil.

Kalau mengingat-ingat, jadi terkenang masa-masa kecil. Dimana kita hanya bermain dan tidak berpikir tentang banyak hal yang terlalu serius.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, teknologi dan pergeseran budaya, permainan yang kita mainkan sewaktu kecil mulai hilang/jarang dimainkan.

Permainan apa saja ya?

Berikut permainan anak zaman dahulu yang saat ini telah hilang.

Gamebot

Karena sekarang semua sudah melek teknologi, rasanya hampir semua memiliki handphone, dan handphone yang dimiliki kebanyakan sudah smartphone.

Baca Juga : 3 Fakta unik di balik agama Flying Spaghetti Monster

Mulai dari anak-anak hingga dewasa, kebanyakan orang memilih bermain aplikasi game di smartphone. Masih ingatkah Anda dengan gamebot?

Ya, gamebot dulu populer di era 80 dan 90an. Permainan konsol ini memang grafik dan suara terbilang rendah untuk jaman sekarang, konsolnya juga sederhana, dengan layar sederhana, warna hitam putih dan tombol sederhana, tapi buat jaman dulu game ini sangat menarik, dan sudah cuku canggih.

Banyak game yang terkenal, seperti tembak-tembahan Western Bar, dan combat Kungfu.

Saya ingat jaman dahulu kita sampai harus menyewa gambot karena tidak semua orang punya gambotnya.

Gobak Sodor, benteng, petak umpet, dan permainan lapangan lainnya

Untuk permainan kelompok, tentunya kita ingat gobak sodor.

Permainan seperti gobak sodor melatih ketangkasan dan kelincahan, karena pemain diharuskan melewati area yang ditentukan dan menghadang lawan yang ingin melintas.

Permainan ini juga bisa melatih kerjasama. Untuk benteng, pemain diharuskan untuk menangkap lawan sebanyak mungkin, membebaskan lawan dan menyerang benteng musuh dengan menyentuh area benteng.

Jaman sekarang orang lebih suka diam di rumah, bermain dengan gadget, meskipun tengah berkumpul dengan teman atau keluarga.

Tamagochi fiends, digimon dan petting emulator lainnya

Masih ingat dengan permainan yang satu ini?

Yah, tamagochi fiends. Permainan ini mengharuskan pemainnya memelihara binatang atau monster, mulai dari memberi makan, mengajak jalan-jalan, dan lain-lain.

Untuk konsolnya sendiri unik, bentuknya seperti kalkulator kecil. Game seperti ini membuat pemainnnya jadi peka terhadap kebiasaan hidupnya.

Namun di samping itu pemain tamagochi bisa kelupaan waktu alias sibuk sendiri.

Permainan jenis tamagochi banyak aplikasinya saat ini, namun untuk konsolnya yang unik sudah jarang terlihat jaman sekarang.Bagaimana?

Jadi kangen masa kecil?

Baca Juga : Sejarah dan fakta unik acara televisi Telletubies

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *