Ritual atau tradisi paling aneh dan unik di dunia

Ritual atau tradisi paling aneh dan unik di dunia – Bumi atau dunia yang kita tempati saat ini, terdiri dari negara-negara yang sudah terbentuk dan ada sejak ribuan tahun, yang pastinya memiliki sejarah dan latar belakang budaya yang berbeda.

Budaya sendiri adalah perilaku sosial dan norma yang ditemukan di dalam lingkungan sosial.

Kebudayaan berhubungan dengan perilaku manusia. Semakin maju sebuah peradaban, semakin banyak dan berkembang jenis kebudayaan yang dimiliki oleh sebuah negara.

Sebut saja contohnya Mesir. Kebudayaan Mesir kuno sudah ada sejak 3,000 tahun sebelum Masehi.

Kebudayaan Mesir kuno pun memiliki banyak aspek, seperti sistem kepercayaan, masyarakat, sosial, ekonomi, pendidikan dan penelitian, pemerintahan, sistem perdagangan, militer, dan masih banyak.

Keberadaan Piramida dan cara pengawetan Firaun Mesir bisa dikatakan sebagai bagian dari kebudayaan Mesir. Belum lagi sistem tata uang, pengairan dan astronomi yang sempat mengantarkan Mesir kuno kepada kemajuan, bisa menguasai beberapa wilayah di sekitarnya.

Namun suatu kebudayaan juga memiliki tradisi yang unik, yang muncul karena kepercayaan dan tradisi nenek moyang yang diyakini benar oleh sekelompok orang.

Sebut saja di India, yang mayoritas percaya kepada dewa-dewa dan menganut ajaran Hindu, percaya bahwa binatang-binatang seperti tikus dan sapi adalah perwujudan dari dewa tertentu sehingga mengharuskan mereka memelihara binatang-binatang tersebut.

Bahkan tikus-tikus di India dibiarkan berkeliarkan, meskipun kita tahu populasi tikus yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit dan menjadi hama bagi manusia. Nah itu tadi mungkin masih kurang aneh.

Namun tahukah kamu ada ritual atau tradisi yang lebih aneh di belahan dunia lain? Berikut ritual atau tradisi paling aneh di dunia.

Memotong jari oleh Suku Dani di Indonesia

Suku Dani di Indonesia memiliki kebiassaan aneh, yaitu memeotong bagian dari jari mereka, jika ada anggota keluarga yang meninggal.

Baca Juga : 6 Karakter Cewek Penyuka Tas Ransel

Hal ini dianggap sebagai bagian dari kehilangan emosi yang mendalam akibat ditinggal pergi oleh salah satu anggota keluarga.

Sebelum dipotong, jari mereka diikat dan akhirnya dibakar agar muncul jaringan baru.

Endocanibalisme oleh Suku Yanomami di Hutan Amazon, Brazil

Suku Yanomami ada di hutan Amazon, akan memakan mayat dari tubuh seseorang yang sudah meninggal.

Mereka memakan dengan membungkus mayat, dan memotong kemudian memasukannya ke dalam sup pisang, atau membakar dan memakan debunya.

Suku Yanomami percaya dengan melakukan hal tersebut, orang yang meninggal jiwanya bisa selamat ke alam baka.

Tinggal bersama mayat di Tanah Toraja, Indonesia

Pemakaman di Toraja sedikit berbeda dengan pemakaman di daerah lain, karena pemakamana di Toraja sudah seperti kawinan, dan mayat diperlakukan seperti manusia, diberi baju dan dianggap orang hidup, diarak keliling kampung.

Pemujaan dan pengorbanan beruang oleh Suku Ainu di Jepang

Suku Ainu percaya, beruang adalah jelmaan dari dewa, dan pengorbanan beruang adalah usaha untuk menyelamatkan jiwa manusia.

Baca Juga : Hal-hal yang menarik dibalik seorang k-popers

Tradisinya cukup aneh, yaitu menjagal induk beruang, memisahkan dan membesarkan anak beruang, mencekik dan melempari beruang dengan lembing, memakan daging mentah dan akhirnya memasang tengkorak beserta kulit beruang untuk disembah.

Melukai kepala oleh Muslim Shiite

Beberapa pria terpilih akan melukai kepala mereka dengan pedang, sebagai bentuk penghormatan kepada kematian Imam Hussein, cucu dari Nabi Muhammad, sampai mencucurkan darah ke seluruh tubuh.

Berjalan di atas api, di China

Di China, ada sebuah tradisi yaitu pengnatin pria menggendong calon istri melewati bara api, sebelum resmi menjadi suami istri.

Hal ini dipercaya dapat membantu persalinan istri kelak.

Berjalan di atas api juga dipercaya penduduk China sebagai sarana untuk mencegah terjadinya bencana.

Penguburan orang Eskimo

Orang Eskimo percaya bahwa jiwa yang tenang harus didapatkan oleh orangg Eskimo yang akan meninggal.

Karena itu, tua-tua yang mendekati ajal akan ditaruh di es yang mengambang.

Cukup aneh? Itu tadi ritual atau tradisi paling aneh di dunia.

Baca Juga : Cari Seragam Sekolah Favoritmu diberbagai Negara YUK !!

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *