Sejarah dan Asal Mula Adanya Zionis

Sejarah dan Asal Mula Adanya Zionis – Berdasarkan arti kata, Zionis berasal dari kata “zion” yang merupakan nama lain dari Kota Yarussalem.

Istilah zionis sendiri baru muncul pada akhir abad 19 dan merupakan sebuah gerakan yang ingin mengembalikan bangsa Yahudi Ke Palestina.

Masyarakat Yahudi mendapat perubahan sikap nasionalismenya sejak lahirnya ideologi modern yang sekarang disebut dengan zionisme.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Antrian di Kasir Paling Cepat

Masyarakat Yahudi kebanyakan tercerai berai dan bermigrasi ke Negara-negara lain sehingga ide mempersatukan kaum zahudi pada suatu tempat menjadi sebuah gerakan ideologi keagamaan sekaligus gerakan politik.

Tokoh yang paling berpengaruh dalam terbentuknya zionis adalah seorang pendeta Yahudi yang bernama Alkalai.

Dia adalah orang yang menciptakan symbol-simbol modern kaum Yahudi dan membujuk mereka untuk bergabung dalam sebuah pemukiman masyarakat Yahudi di Negara Palestina.

Bersama tokoh-tokoh bangsa Yahudi lainnya, Alkalai mencetuskan ideologi persatuan nasional dari bangsa Yahudi. Ideologi yang dicetuskannya itu disebut dengan “Hibbat Zion” atau “Cinta Zion’.

Tujuan dari ideology ini adalah mewujudkan kebangkitan dan kedaulatan Bangsa Yahudi dengan cara menetap di Palestina, tepatnya di bukit zion dan sekitarnya.

Mulai abad 19, gerakan ideology Hibbat Zion berkembang dengan pesat dan merambah kaum Yahudi di Eropa Timur seperti Rusia, Rumania dan Polandia dan tempat-tempat lainnya.

Pada perkembangan selanjutnya, Zionis tidak lagi diarahkan pada tujuan keagaamaan kaum Yahudi, namun saat ini sudah merambah pada ranah politik.

Gerakan berkumpul dalam satu tempat ini juga membuat mereka harus menguasai tempat tersebut.

Nathan Barnboum adalah tokoh utama pencetus istilah zionis dalam ranah politik. Tanggal 1 Mei 1799 “zionis internasional” pertama telah didirikan di New York dan mendapatkan dukungan penuh dari Raja Napoleon Bonaparte.

Gerakan dari kaum Zionis Yahudi modern menguat berkat dukungan keuangan tanpa batas dari keluarga Yahudi paling Kaya pada masa itu yakni Mayer Amschel Rothscilds (1743-1812).

Ditambah dengan dukungan kuat dari banyak pejabat tinggi Inggris seperti Perdana Mentri Liyod Gerge, mentri luar negri, tokoh-tokoh militer dan masih banyak yang lainnya.

Ideologi perjuangan zionis pada dasarnya adalah suatu gerakan mendirikan sebuah Negara di Palestina.

Tanah palestina dipilih karena merupakan tanah bersejarah lahirnya agama Yahudi. Konsep wilayah dan batas Negara bangsa Yahudi di palestina di dasarkan pada apa yang ditulis dalam Kitab Taurot. Yakni dari Sungai Nil hingga Sungai Tigris.

Baca Juga : Tahukah Anda Strategi Militer Paling Menakutkan, Berikut penjelasannya

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *