Sejarah dan Asal Mula Perjalanan Chairul Tanjung

Sejarah dan Asal Mula Perjalanan Chairul Tanjung – Chairul Tanjung adalah salah satu pengusaha sukses yang lahir dan besar di Indonesia.

Namanya saat ini sudah dikenal banyak orang karena mempunyai banyak perusahaan besar dan terkenal di Indonesia.

Diantara perusahaan miliknya adalah : Bank Mega, 2 stasiun TV (TRANS TV & TRANS7), Trans Studio Bandung dan Makassar, Detikcom, Carrefour, dan masih banyak lagi perusahaan lainnya yang tidak bisa disebut satu satu disini.

Perjalanan karir Chairul Tanjung menuai banyak pujian dan sanjungan. Dia bisa membangun kerajaan bisnis karena dimulai dari nol.

Baca Juga : Sejarah Dan Asal Usul Adanya Km 0 Di Bandung

Bukan hasil dari warisan yang didapat atau pengembangan bisnis keluarga. Meskipun terlahir dari Orang Tua yang berada namun Chairul Tanjung benar-benar memulai bisnis perusahaannya dari bawah tanpa campur tangan orang tuanya.

Hasil didikan dari kedua orang tuanya yang sangat tegas membuat Chairul Tanjung tahan banting. Setelah lulus dari SMA tahun 1981,

Chairul Tanjung kemudian melanjutkan kuliah ke Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Saat kuliah disana, Chairul Tanjung menjadi salah seorang mahasiswa teladan yang dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun 1984-1985.

Saat duduk di bangku kuliah, Chairul Tanjung membuka usaha foto copi di kampusnya sebagai salah satu pemasukan demi membiayai kuliahnya yang tergolong mahal.

Dia juga mencoba berjualan kaos dan buku-buku. Pada saat kuliah sekaligus membuka usaha tersebut, jiwa bisnisnya benar-benar terasah

Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, Chairul Tanjung mencoba membuka usaha toko peralatan medis dan laboratorium.

Sayangnya, usahanya ini mengalami kebangkrutan. Tak pantang menyerah, Chairul Tanjung kemudian membuka usaha di bidang kontraktor dan mencoba mengerjakan berbagai proyek industri barang berbahan dasar rotan. Usaha ini lumayan sukses berjalan.

Pada tahun 1987, Chairul Tanjung bersama beberapa orang temannya membangun sebuah perusahaan yang diberi nama PT. Pariarti Shindutama.

Modal awalnya adalah Rp.150 juta. Awalnya, usaha ini terbilang lancar dan mengalami kemajuan pesat.

Bahkan sanggup menangani beberapa kegiatan ekspor keluar negri. Namun akibat sedikit berselisih faham dengan dengan rekan-rekan bisnisnya. Chairul Tanjung memutuskan keluar dan mendirikan usaha sendiri.

Setelah keluar dari PT. Pariarti Shindutama yang turut ia dirikan, Chairul Tanjung mendirikan perusahaan sendiri yang membidik bidang keuangan, properti, dan multi media. Perusahaannya diberi nama Para Group.

Dalam bidang properti, Para Group mendirikan Bandung Super Mall di Kota Bandung. Di bidang investasi, Para Group membeli 40% saham Carrefour, perusahaan nirlaba asal Perancis.

Pada tanggal 1 Desember 2011, Chairul Tanjung merubah nama perusahaannya Para Group menjadi CT Corp.

CT Corp sendiri mempunyai tiga perusahaan sub holding, yaitu Mega Corp dalam bidang layanan financial,  Trans Corp yang membidik bidang media, hiburan dan gaya hidup, serta CT Global Resources yang meliputi bidang sumber daya alam.

Pada tahun 2010, Majalah Forbes memasukkan Chairul Tanjung sebagai salah satu orang yang paling kaya di dunia yang berasal Indonesia.

Setahun kemudian, majalah Forbes lagi-lagi memasukkan nama Chairul Tanjung sebagai orang paling kaya di Indonesia dengan nilai kekayaan sebesar 2,1 Milyar dolar AS dan menduduki peringkat 11.

Sekarang ini, Chairul Tanjung ada di posisi 5 besar daftar orang terkaya di Indonesia.

Menurut pendapat Chairul Tanjung, modal dalam sebuah bisnis memang penting. Namun, kemauan dan kerja keras adalah kunci pokok yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha.

Ditambah dengan pengembangan jaringan seluas-luasnya menjadi hal penting yang tidak boleh ditinggalkan jika ingin sukses dalam dunia bisnis.

Demikian sejarah dan asal mula perjalanan Chairul Tanjung yang sukses dan terkenal. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Baca Juga : Kopi Berikut Paling Mahal Di Dunia…

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *