Sejarah Unik Tentang Penemuan Internet

Sejarah Unik Tentang Penemuan Internet – Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna.

Sudah menjadi bagian tidak terpisahkan bagi sebagian masyarakat dunia, terkadang internet sudah menjadi kebutuhan primer..

Internet pertama kali ditemukan oleh leonard kleinrock, lahir di New York (USA), 13 Juni 1934.

Baca Juga : Hal Berikut Ini Paling Aneh dan Unik Yang Berada di Jepang

Beliau disebut-sebut sebagai bapak internet walau bukan dirinya saja yang terlibat dalam pengembangan internet sampai saat ini, tapi karena rancangan leonardlah yang paling prima sehingga dia dinobatkan sebagai bapak internet.

Secara historis penemuan intenet, mempunyai beberapa keunikan yaitu:

Internet untuk keperluan militer

Walaupun sifatnya untuk penggunaan masyarakat umum, internet sendiri awalnya digunakan untuk militer yang sifatnya tertutup.

Saat itu departemen pertahanan amerika serikat (us department of defense) buat sistem jaringan computer yang tersebar hubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika berjalan serangan nuklir dan untuk jauhi berjalannya informasi terpusat, yang bila berjalan perang dapat gampang di identifikasi dengan jelas serta dihancurkan.

The next computer

Banyak merek terkenal, seperti IBM, Apple, dan yang lainya, ternyata pengembangan internet sendiri oleh tim berner lee menggunakana computer NEXT, perusahaan yang dibuat oleh steve job setelah ditendang dari apple.

Hanya 4 jaringan

Karena kebutuhannya hanya sekedar, untuk pengembangan dibidang militer pada awalnya jaringan yang dihungkan hanya 4 situs saja yaitu stanford research institute, university of california, santa barbara, university of utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada th. 1969.

Internet mulai mendunia tahun 1990

Pada perkembangannya, pada tahun 1990-an atau tepatnya 1989 beberapa Negara besar mulai bergabung dengan internet dan setelah itu keseluruh dunia, sehingga sangat wajar bagi beberapa orang yang lahir tahun 1970-an masih gaptek.

1990 Aparnet Dibubarkan

Proyek pengembangan internet sendiri yang awlanya untuk keperluan militer adalah Aparnet dan karena pemakaianya sudah banyak aparnet sendiri mulai kewalahan dalam melayaninya sehingga aparnet dirubah menjadi dua yang satu hanyauntuk keperluan militer dan yang satunya lagi untuk kepeluan masyarakat umum, sempat berubah menjadi daparnet dan akhirnya tahun 1990 dibubarkan oleh menteri pertahanan Amerika.

Baca Juga : Satelit-Satelit Mengagumkan di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *