Tahukah Anda Tentang Gajah Sumatra? Berikut Fakta Unik Tentangnya

Fakta Unik Gajah Sumatra – Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman faunanya, namun banyak diantaranya yang hampir  punah, seperti Gajah Sumatra.

Gajah Sumatra atau yang mempunyai nama ilmiah Elephas maximus sumatrensis ini hampir punah karena banyaknya perburuan liar dan mulai sempitnya habitat yang dapat ditinggali.

Gajah Sumatra adalah gajah yang memiliki keunikannya tersendiri. Berikut ini fakta-fakta unik tentang Gajah Sumatra.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Unik tentang Kucing Berwarna Hitam

  1. Gajah Sumatra membutuhkan area yang sangat luas untuk penjelajaran karena dalam sehari ia bisa menjelajah area hingga 20 km2.
  2. Dalam satu hari, Gajah Sumatra dapat mengkonsumsi 150 kg makanan dan 180 liter air.
  3. Kotoran Gajah Sumatra mengandung biji tanaman sehingga area yang dilewati gajah ini akan mengalami regenerasi hutan alam.
  4. Gajah Sumatra memiliki julukan ‘spesies payung’ karena dapat membantu mempertahankan keanekaragaman hayati yang ada di ekosistemnya.
  5. Semenjak tahun 2004, populasi Gajah Sumatra menurun dratis. Sebanyak 128 ekor gajah dilaporkan mati di Provinsi Riau hingga saat ini.
  6. Pada tahun 2012, oleh International Union for Conservation of Nature, hewan ini tercatat kedalam daftar hewan yang terancam punah.
  7. Populasi Gajah Sumatra hingga saat ini berjumlah sekitar 2400 – 2800 ekor gajah.
  8. Karena konservasi Gajah Sumatra terbilang besar, maka pemerintah sulit untuk melakukan konservasi.
  9. Di Indonesia, penegakan hukum yang melindungi Gajah Sumatra masih lemah. Seorang yang mengambil, membunuh, atau menukar Gajah Sumatra akan didenda sebanyak Rp 100 juta dengan 5 tahun hukuman penjara.
  10. Karena habitat Gajah Sumatra semakin sempit, maka terkadang ia memasuki area yang dihuni manusia. Tak jarang diantara gajah-gajah itu mengganggu dan membahayakan manusia sehingga membuat manusia memusuhi gajah.

Sebagai sesame makhluk hidup, tentu kita harus saling menjaga bukan saling menyakiti. Selain itu, dengan hilang atau punahnya salah satu spesies hewan yang ada tentu akan merubah ekosistem dan rantai makanan yang ada. Dan itu akan berakibat juga pada kelangsungan hidup manusia nantinya.

Baca Juga : Wow Menghebohkan: Qatar Akan Membangun Hotel Dengan Bentuk Unik – Bunga

Loading...

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *